Dua Bakal Calon Ketua Mengemuka Jelang Musda DPD Demokrat Sulteng

DARI kanan ke kiri, Ketua BPOPK DPD Demokrat Sulteng Rasyid Pusadan, Ketua Organizing Committee Marlelah, Sekretaris DPD Demokrat Sulteng Andi Jumriani Hamka, Ketua Steering Committee Musda Karto Dg Nappa, dan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPD Demokrat Sulteng Mohammad Taufan saat jumpa pers di kantornya, Jalan Veteran, Kota Palu, Senin (14/6/2021). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Sejumlah bakal calon ketua mulai mengemuka menjelang Musyawarah Daerah (musda) ke IV DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Sampai saat ini ada dua bakal calon yang mulai mengemuka yakni Pak Anwar Hafid dan Abdurrahman M Kasim,” kata Ketua Panitia Pelaksana Musda, Marlelah saat jumpa pers di kantor DPD Demokrat Sulteng, Jalan Veteran, Kota Palu, Senin (14/6/2021) sore.

Idul Adha PT IMIP

Anwar Hafid saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPD Demokrat Sulteng dan juga anggota DPR-RI, sementara Abdurrahman M Kasim merupakan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Donggala.

Marlelah mengatakan, dua bakal calon itu telah mengambil formulir yang selanjutnya akan mendaftar dengan memasukkan segala persyaratannya.

Pendaftaran bakal calon ketua mulai dibuka pada Jumat hingga Selasa (18-22/6/2021) di kantor DPD Demokrat Sulteng Jalan Veteran Kota Palu.

“Tadi kita rapat panitia dan setiap seksi sudah melaporkan sejauhmana kesiapannya, termasuk kendalanya,” tuturnya.

Saat ini kata dia, kesiapan panitia menjelang musda sudah memasuki 75 persen.

Sementara itu, Ketua Steering Committee Musda, Karto Dg Nappa mengungkapkan, sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para bakal calon ketua diantaranya tidak sedang menjalani proses hukum tetap dan pelanggaran pidana dari instansi berwenang serta tidak melanggar konstitusi dan kode etik Partai Demokrat.

Selain itu kata dia, bakal calon ketua harus kader Demokrat dengan menunjukkan kartu tanda anggota (KTA) dan mendapatkan surat dukungan atau rekomendasi sekurang-kurangnya 20 persen dari pemegang hak suara sah.

“Silakan mendaftar bagi yang kader Demokrat, kita buka seluas-luasnya, demokratis,” tegas Karto.

Adapun pemegang hak suara yang sah itu sebanyak 15, terdiri dari 13 DPC, satu DPD, dan satu lagi dari DPP.

Pihak panitia juga sudah menentukan tempat dan waktu penyelenggaraan musda yakni di Swiss-Belhotel Palu pada Kamis, 24 Juni 2021.

Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPD Demokrat Sulteng, Rasyid Pusadan menambahkan, musda nanti menghasilkan maksimal tiga calon ketua, dan yang menentukan siapa ketua terpilih adalah DPP.

“Calon yang dihasilkan dalam musda itu maksimal tiga orang, selanjutnya diundang oleh DPP, disana akan dilakukan fit and proper test, dan yang menentukan siapa ketuanya adalah DPP,” tutur Rasyid Pusadan.

Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron dijadwalkan akan menghadiri pembukaan musda.

Sementara Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono akan hadir pada saat pelantikan pengurus yang terpilih nanti. CAL

Idul Adha PT CPM

News Feed