Kunker Terakhir ke Gorontalo, Wagub Sulteng Hadiri Kegiatan Regional Meeting

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Dg Palabbi menghadiri kegiatan Regional Meeting yang diadakan oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bersama Kementerian Desa-PDTT dan pemerintah daerah kawasan Teluk Tomini-Maluku Utara pada Sabtu (12/6/2021) di TC Damhil UNG. FOTO: BIRO ADPIM

SultengTerkini.Com, GORONTALO– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusli Baco Dg Palabbi menghadiri kegiatan Regional Meeting yang diadakan oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bersama Kementerian Desa-PDTT dan pemerintah daerah kawasan Teluk Tomini-Maluku Utara pada Sabtu (12/6/2021) di TC Damhil UNG.

Kunjungan kerja (kunker) Rusli Palabbi ke Gorontalo merupakan yang terakhir bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan sebagai wagub Sulteng periode 2016-2021.

Idul Adha PT IMIP

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua DPR-RI Muhaimin Iskandar itu dilaksanakan sebagai upaya revitalisasi kawasan Teluk Tomini dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan ekonomi dan investasi perdesaan.

Menteri Desa-PDTT Abdul Halim Iskandar berkesempatan hadir beserta Rektor UNG Eduart Wolok perwakilan Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Gorontalo, Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur Maluku Utara serta bupati/walikota di wilayah Teluk Tomini.

Rektor UNG Eduart Wolok mengungkapkan, Regional Meeting merupakan bentuk tindak lanjut surat penunjukan Menter Desa-PDTT kepada UNG dalam rangka mengembangkan dan mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Berbasis Perdesaan untuk wilayah Teluk Tomini-Maluku Utara.

“Apabila program ini bisa ditindaklanjuti bersama dengan mewujudkan KEK berbasis perdesaan, maka program ini akan menjadi yang pertama dilaksanakan di Indonesia,” ungkap Rektor UNG.

Menteri Desa-PDTT Abdul Halim Iskandar dalam sambutannya menuturkan, pembangunan perdesaan tidak dapat dilakukan secara sendiri oleh Kemendes- PDTT namun membutuhkan dukungan dari pihak lainnya baik itu pemerintah daerah, pemerintahan desa itu sendiri serta dukungan dari institusi pendidikan tinggi sebagai pusat berkembangnya kajian akademik.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR-RI Muhaimin Iskandar mengatakan, kegiatan Regional Meeting sangatlah penting dan strategis, sebagai sebuah pijakan pembangunan daerah, khususnya perdesaan yang lebih terarah, tepat dalam mencapai sasaran dan tujuan pembangunan.

“KEK merupakan cara mempercepat pembangunan ekonomi nasional melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan ekonomi dan geostrategic,” katanya.

Diharapkan kata dia, dengan KEK berbasis perdesaan, upaya pembangunan ekonomi Nasional dapat dilakukan melalui peningkatan kesejahteraan Masyarakat desa. CAL

Idul Adha PT CPM

News Feed