oleh

Gubernur Longki Buka Raker dan Luncurkan Buku Satu Dekade Dekranasda Sulteng

GUBERNUR Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola membuka Rapat Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sulteng di sebuah hotel Jalan Basuki Rahmat, Kota Palu, Rabu (9/6/2021). BIRO: ADPIM

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola membuka Rapat Kerja (Raker) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulteng di sebuah hotel Jalan Basuki Rahmat, Kota Palu, Rabu (9/6/2021).

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola saat membuka kegiatan raker tersebut mengatakan, Dekranasda merupakan salah satu komponen masyarakat yang bersifat organisasional, selama ini telah berkiprah dalam pembangunan daerah, khususnya di bidang kerajinan.

Selain itu, Gubernur Longki  mengatakan, 10 tahun terakhir, Dekranasda Sulteng berhasil menunjukkan jati diri sebagai mitra pemerintah daerah dalam mengembangkan kerajinan daerah.

Menurutnya, eksistensi Dekranasda Sulteng benar-benar memberikan dampak signifikan dalam memajukan kerajinan daerah.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai program yang telah dilaksanakan Dekranasda Sulteng, memberdayakan dekranasda kabupaten dan kota, serta mendorong munculnya berbagai kreasi kerajinan khas yang ada di masing-masing wilayah.

Dia berharap, instansi terkait agar mensinkronkan program kerjanya dengan dekranasda kabupaten/kota serta dekranasda Sulteng.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya pembinaan secara bersama, terpadu untuk menghasilkan produk unggulan masing-masing daerah.

Salah satu yang menjadi fokus utama Dekranasda Sulteng selama ini adalah tenun kain Donggala.

Berkat usaha dan kreasi yang telah dilakukan Dekranasda Sulteng saat ini tenun kain Donggala sudah dikenal secara nasional sebagai ikon dari daerah setempat.

Dia menuturkan, bagi pemerintah daerah Sulteng, apa yang telah dilakukan oleh Dekranasda Sulteng dalam konteks tenun kain Donggala, sesungguhnya bukan hanya berhasil mengembangkan kerajinan kain tenun dan memberdayakan para pengrajin, melainkan sekaligus telah menjaga, merawat, dan melestarikan budaya daerah Sulteng.

Selanjutnya Gubernur Longki bersama Ketua Dekranasda Sulteng Zalzulmida A Djanggola meluncurkan buku “Satu Dekade Dekranasda Provinsi Sulawesi Tengah”.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan buku itu secara simbolis kepada dekranasda kabupaten/kota. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 8 times, 1 visits today)

News Feed