oleh

Pemkab Poso Minta Pemprov Sulteng Fasilitasi Pertemuan dengan Presiden

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi menerima audiensi Ketua DPRD Poso Sesi Kristina Dharmawati Mapeda, Wakil Bupati Poso Yasin Mangun, tokoh agama serta pihak terkait lainnya di Gedung Polibu kantor gubernur setempat, Kamis (3/6/2021). FOTO: BIRO ADPIM

SultengTerkini.Com, PALU– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Wakil Gubernur (wagub) Rusli Dg Palabbi menerima audiensi Ketua DPRD Poso Sesi Kristina Dharmawati Mapeda, Wakil Bupati Poso Yasin Mangun, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, tokoh agama serta pihak terkait lainnya, bertempat di Gedung Polibu kantor gubernur setempat, Kamis (3/6/2021).

Audiensi dipimpin Wagub Rusli dan didampingi Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, Mulyono itu sebagai tindaklanjut surat yang dikirimkan Ketua DPRD Poso kepada pemprov Nomor 170/159/DPRD/2021 tentang situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Poso dan sekitarnya.

Menurut wagub, sebanyak 33 orang perwakilan Pemkab Poso akan mengikuti audiensi.

Untuk itu, mengacu protokol kesehatan dalam situasi pandemi serta kondisi ruangan, peserta yang dapat menghadiri audiensi dibatasi hanya 50 orang dengan harapan tidak akan menimbulkan penyebaran Covid-19.

Wagub berharap audiensi akan melahirkan suatu kesepahaman dan menyatakan telah mendapatkan gambaran melalui pertemuan di DPRD Sulteng dan Pemkab Poso beberapa waktu lalu.

Selain itu juga sekaligus menyatakan dukungan dan akan memfasilitasi rencana pertemuan Pemkab Poso dengan presiden melalui surat yang akan dikirimkan ke pemerintah pusat.

“Tinggal dikoordinasikan jadwal dan kesiapan presiden dalam melakukan audiensi termasuk jumlah personel yang akan diterima,” katanya.

Wakil Bupati Poso, Yasin Mangun mengatakan, sebelumnya telah melakukan audiensi dengan pihak DPRD Sulteng terkait situasi keamanan di Kabupaten Poso.

Dia mengatakan, direncanakan melakukan pertemuan dengan presiden sekaligus menyampaikan aspirasi yang berhubungan dengan perkembangan di Kabupaten Poso.

Untuk itu, pihaknya berharap pemprov dapat memfasilitasi pertemuan dimaksud.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Poso, Sesi Kristina Dharmawati Mapeda. Pihaknya telah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD Sulteng.

Untuk itu diharapkan adanya penguatan melalui pertemuan secara langsung serta penyampaian aspirasi kepada presiden, dan berharap Pemprov Sulteng dapat memfasilitasi pertemuan tersebut.

Sementara itu Sekprov Mulyono menyatakan, pihaknya mendukung rencana bupati, DPRD dan masyarakat Poso untuk melakukan audiensi dengan presiden.

Untuk itu pihaknya akan menyurat ke Sekretaris Negara atau Menteri Dalam Negeri yang jadwal pelaksanaannya dikoordinasikan, termasuk jumlah tamu yang hadir.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Bakesbangpol Sulteng Fahrudin, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Arfan serta pejabat terkait lainnya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 8 times, 1 visits today)

News Feed