oleh

ADPMET Usul ke Pemerintah Pusat Tambah Porsi DBH Migas

GUBERNUR Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola mengikuti Rapat Kerja Nasional dan Sosialisasi Munas IV Asosiasi Daerah Penghasil Minyak dan Energi Terbarukan di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (3/6/2021). FOTO: BIRO ADPIM

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola didampingi Kadis ESDM Haris Kariming mengikuti Rapat Kerja Nasional dan Sosialisasi Munas IV Asosiasi Daerah Penghasil Minyak dan Energi Terbarukan (ADPMET) di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (3/6/2021).

Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) yang sudah berdiri selama 21 tahun saat ini beranggotakan 84 daerah penghasil migas, salah satunya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada rapat tersebut para peserta merumuskan usulan gerakan transisi energi. Selain itu juga dalam lima tahun ini akan gencar mengampanyekan transisi dari penggunaan minyak kepada lebih banyak menggunakan gas.

Selanjutnya ADPMET mengusulkan kepada pemerintah pusat menambah porsi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas sebesar 0,5 %.

Dari porsi yang sudah berjalan selama ini sebesar 15,5% untuk minyak dan 30,5% gas, mengusulkan menjadi 16% untuk minyak dan 31% untuk gas.

Usulan penambahan tersebut bukan untuk keperluan belanja pegawai, tetapi mendukung riset dan pilot project kegiatan yang menyangkut energi terbarukan.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola mengharapkan semoga hasil rapat kerja ADPMET dan rekomendasi yang dirumuskan dapat dilaksanakan baik pemerintah pusat dan daerah. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 4 times, 1 visits today)

News Feed