oleh

Kapolda Sulteng: Mari Pertahankan Keamanan dan Iklim Investasi!

KAPOLDA Sulawesi Tengah, Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso saat diwawancara jurnalis usai buka puasa bersama di rumah jabatannya, Jalan Suprapto, Kota Palu, Jumat (30/4/2021). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso mengajak seluruh jurnalis untuk senantiasa menyuguhkan informasi dan edukasi yang baik kepada masyarakat di wilayahnya, sehingga situasi keamanan tetap kondusif serta iklim investasi dan roda ekonomi terus membaik.

Jenderal berpangkat dua bintang di pundaknya tersebut mengapresiasi kerjasama dengan insan pers di Sulteng, sehingga kerja-kerja kepolisian dalam menjaga situasi keamanan tetap dalam koridor yang baik.

Demikian dikatakan Kapolda Abdul Rakhman Baso saat memberi sambutan dalam acara buka puasa bersama puluhan jurnalis di rumah jabatannya Jalan Suprapto, Kota Palu, Jumat (30/4/2021).

Kapolda Rakhman Baso menjelaskan, setidaknya ada empat program utama yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo terhadap institusi kepolisian di Sulteng.

Empat program tersebut adalah bagaimana kepolisian turut berperan membantu mengendalikan angka penyebaran virus Covid-19 di Sulteng.

Selain itu, Polda Sulteng juga diinstruksikan agar roda perekonomian berjalan baik di tengah situasi pandemi, termasuk diantaranya menjaga kestabilan harga pangan dengan senantiasa mewaspadai adanya tindakan-tindakan penimbunan bahan pokok oleh pengusaha nakal.

“Untuk program keamanan, itu sudah tugas dan kewajiban kami. Alhamdulillah, situasi keamanan kita sangat kondusif. Ada catatan-catatan kecil saya, seperti aksi curanmor jelang lebaran atau tindakan penganiayaan, tapi Alhamdulillah bisa kita atasi,” tegas mantan Wakil Komandan Korps Brimob Polri itu.

Satu program lainnya yang juga diamanahkan oleh presiden ke Polda Sulteng adalah kesiapsiagaan polisi dalam menyongsong lebaran, termasuk menyosialisasikan larangan mudik.

“Dalam rangka pengamanan Idul Fitri, kami sudah melakukan kesiapan-kesiapan, tentunya didasari dengan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah. Saya mengimbau kepada masyarakat agar senatiasa mengikuti apa yang telah ditetapkan pemerintah,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, dirinya akan mengeluarkan maklumat yang akan disebarkan ke seluruh masyarakat Sulteng terkait dengan instruksi Presiden Jokowi.

“Satu atau dua hari ini, maklumat itu akan kami keluarkan,” tutur mantan Kapolrestabes Bandung, Polda Jawa Barat itu.

Dia berharap, seluruh instruksi Presiden Jokowi yang tertuang dalam maklumat bisa dilaksanakan masyarakat Sulteng, sehingga pelaksanaan ibadah puasa dan Idul Fitri berjalan lancar.

Perlu diketahui, iklim investasi dan roda ekonomi masyarakat Sulteng terus berada di jalur positif, meski angkanya lebih rendah dibanding angka pertumbuhan ekonomi Sulteng sebelum pandemi.

Angka kredit investasi hingga kredit usaha rakyat yang tercatat di perbankan terus mengalami pertumbuhan.

Pada Maret 2021, angka kredit di Sulteng mencapai Rp 30 triliun lebih. Angka kredit ini dibarengi dengan rendahnya kredit macet yang mengindikasikan arus ekonomi masyarakat berjalan baik. GUS

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 39 times, 1 visits today)

News Feed