oleh

Safari Ramadan di Palu, AHY: Ulama dan Umara itu Harus Bersatu, Tidak Boleh Ada Jarak!

KETUA Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menghadiri buka puasa bersama para ulama, jurnalis dan kader partai di Hotel Santika Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Senin (26/4/2021). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan safari Ramadan di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Senin (26/4/2021). AHY tiba bersama rombongan di Bandara Mutiara SIS Aljufri sekira pukul 13.00 Wita dan disambut dengan tarian adat Kota Palu.

Tidak lama setelah tiba di bandara, AHY yang didampingi Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua DPD Demokrat Sulteng Anwar Hafid dan segenap pengurus serta kader partai tersebut kemudian berziarah ke makam Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua.

Setelah itu AHY bersama rombongan dengan berjalan kaki mengunjungi kediaman Ketua Utama PB Alkhairaat, Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri.

Puncaknya, AHY bersama rombongan menghadiri tatap muka sekaligus buka bersama para ulama, jurnalis, dan ratusan kader Partai Demokrat di Hotel Santika Palu, Jalan Mohammad Hatta.

Kepada jurnalis, AHY mengatakan, kedatangannya di Kota Palu dalam rangka safari Ramadan untuk memperkuat tali silaturahmi.

“Tadi pagi saya berangkat dari Banjarmasin, sebelumnya dari Aceh, dan begitu tiba (di Palu) kami melakukan ziarah (makam Guru Tua) sekaligus silaturahmi dengan para pimpinan dan keluarga besar Alkhairaat,” katanya.

KETUA Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono bersilaturahmi ke Ketua Utama PB Alkhairaat, Habib Saggaf Aljufri, Senin (26/4/2021). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

Sebelumnya di hadapan para ulama, tokoh masyarakat dan kader Partai Demokrat mengatakan, selain melakukan perjalanan safari Ramadan, AHY juga ingin lebih mendekatkan diri dengan para ulama.

Karena kata dia, sebagaimana diamanatkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (mantan Presiden RI dua periode), bahwa ulama dan umara itu harus bersatu, harus dekat, tidak boleh ada jarak.

“Dekat secara emosional, psikologis, juga dekat secara gagasan dan pemikiran, karena masalah di negeri ini banyak, kompleks,” tutur putra sulung SBY itu.

Yang perlu diingat bersama kata dia, tidak cukup peran dari pemimpin atau kepala daerah tanpa kebersamaan dan sinergi dari para ulama serta pemuka agama lainnya di Indonesia.

Karena bagaimanapun kata AHY, Indonesia merupakan rajutan dari nilai-nilai nasionalisme dan juga religiusitas.

“Itulah mengapa Partai Demokrat, tertera nasionalis religius. Ini adalah jati diri Partai Demokrat,” katanya.

Oleh karena itu AHY merasa sedih ketika ada diantara anak bangsa, orang atau kelompok yang tega mengadu domba di antara semuanya, membentur-benturkan antara satu identitas dengan identitas lainnya, antara Islam dengan agama lainnya, antara Islam dengan Pancasila dan NKRI.

Padahal katanya, Indonesia merdeka dan republik ini ada juga karena ada peran dari para ulama serta santri.

Dia menambahkan, setelah dari Kota Palu, AHY bersama rombongan akan berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur dan selanjutnya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Tetapi Palu selalu menjadi kunjungan ataupun tujuan yang spesial. Saya tidak pernah berkunjung tiga kali ke daerah lain, tetapi Palu sudah tiga kali, jadi pasti ada yang spesial disini,” kata AHY yang disambut tepuk tangan dari para undangan.

Dalam kesempatan itu, AHY juga mengajak kepada para undangan untuk tetap memperjuangkan demokrasi di Indonesia.

Dia menuturkan, baru-baru ini Demokrat menghadapi prahara. Ancaman bukan hanya kepada Partai Demokrat, tetapi juga terhadap kehidupan dan masa depan demokrasi di Indonesia.

“Alhamdulillah, kita bersyukur, kita lulus ujian, tetapi kita tidak boleh lengah, kita selalu siap untuk menjaga kedaulatan kehormatan dan eksistensi partai kita, juga mengawal demokrasi di Indonesia,” tuturnya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 45 times, 1 visits today)

News Feed