oleh

Kapolda Sulteng akan Tindak Tegas Penimbun Sembako Jelang Lebaran

KAPOLDA Sulawesi Tengah, Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso. FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso tak menolerir pelaku usaha yang melakukan penimbunan sembilan bahan pokok (sembako) atau produk konsumsi lainnya saat puasa dan menjelang lebaran.

Fenomena penimbunan produk konsumsi di tengah tingginya permintaan acapkali dilakukan pengusaha nakal. Penimbunan biasanya dilakukan agar harga produk tersebut menjadi mahal dan sulit diperoleh.

Olehnya, Kapolda Sulteng memberi peringatan keras bagi pelaku usaha yang ada di wilayahnya agar tidak melakukan penimbunan.

“Kami tidak akan segan-segan melakukan penegakan hukum apabila terjadi seperti itu (penimbunan). Kami akan melakukan razia bila perlu,” tegas jenderal berbintang dua saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/4/2021).

Menurut orang pertama di Polda Sulteng itu, penindakan tegas bagi pengusaha nakal dilakukan demi kepentingan dan kebaikan masyarakat.

“Ini untuk kepentingan masyarakat, karena masyarakat yang akan dirugikan apabila pengusaha menimbun bahan pokok,” tegas mantan Wakil Komandan Korps Brimob Polri itu.

Kapolda menambahkan, Polda Sulteng telah melakukan rapat koordinasi bersama Kapolri, Panglima TNI dan sejumlah menteri terkait kebijakan pemerintah menjelang lebaran tahun ini.

Dua hal pokok yang menjadi pembahasan utama adalah pemberlakuan larangan mudik di atas 6 Mei 2021 serta menjaga kestabilan harga pangan.

“Kami telah diinstruksikan untuk membantu pemerintah dalam menjaga kestabilan harga pangan, termasuk mengantisipasi adanya penimbunan bahan pokok. Jangan sampai ada oknum-oknum pengusaha yang memanfaatkan situasi dengan mempermainkan harga dan merugikan masyarakat,” sebutnya.

Terkait dengan keamanan di wilayahnya, Kapolda Rakhman Baso mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat karena telah menjaga keamanan di wilayah masing-masing sehingga situasi Ramadan tahun ini sangat kondusif.

Dia berharap agar situasi keamanan ini tetap terpelihara, sehingga aktivitas ekonomi masyarakat berangsur pulih di tengah pandemi Covid-19. GUS

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 24 times, 1 visits today)

News Feed