oleh

Wagub Sulteng Lantik Pengurus Mabicab Pramuka Poso

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Poso, Jumat (9/4/2021) siang. FOTO: BIRO ADPIM

SultengTerkini.Com, POSO– Wakil Gubernur (wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusli Dg Palabbi melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Poso, Jumat (9/4/2021) siang.

Pelantikan yang berlangsung di Gedung Torulemba Kabupaten Poso tersebut diawali pembacaan janji tri satya pramuka oleh Bupati Poso Verna Inkiriwang yang didaulat sebagai Ketua Mabicab Poso dan diikutti oleh anggotanya.

Pelantikan pengurus Mabicab Pramuka Poso ditandai penyematan tanda jabatan kepada Ketua Mabicab Pramuka Poso, Verna Inkiriwang.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub Rusli Dg Palabbi mengatakan, secara umum gerakan pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda dengan tujuan antara lain membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu kata dia, gerakan pramuka dapat membentuk sikap dan perilaku positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki ketahanan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik sehingga menjadi manusia yang berkepribadian indonesia, percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta sama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Rusli selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulteng juga berharap mabicab dapat memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materil, finansial, dan konsultasi kepada Gugus Depan (gudep), satuan dan kwartir di Poso.

Sementara Bupati Poso, Verna Inkiriwang selaku Ketua Mabicab Poso mengatakan, semenjak bernama pandu, pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh dalam menghadapi tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar menghadapi setiap rintangan, selalu peduli siap berkorban untuk sesama manusia.

“Jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan di tengah krisis kesehatan dan krisis ekonomi di era Covid-19 saat ini,” katanya.

Dia mengatakan, jika karakter kedisiplinan dan kepedulian terus dijalankan maka bisa menghambat penyebaran Covid-19.

Verna pun meminta kepada pengurus baru untuk membuat dua gerakan pramuka yang dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini.

Pertama, mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan, dan kemudian gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 9 times, 1 visits today)

News Feed