oleh

Gubernur Sulteng Dorong Pemkot/Pemkab Tekan Angka Kemiskinan

GUBERNUR Sulawesi Tengah, Longki Djanggola membuka Penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Bappeda di Ruang Nagana, Senin (5/4/2021). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola membuka Penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Bappeda di Ruang Nagana, Senin (5/4/2021).

Forum perangkat daerah ini merupakan rangkaian dari penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022.

Kepala Bappeda melalui Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Sulteng, Muh Irfan Burase dalam laporannya menyampaikan, forum perangkat daerah tersebut untuk mewujudkan sinkronisaai pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah dalam rangka pencapaian tujuan, sasaran dan target pembangunan daerah.

Selain itu juga terbangunnya sinergitas dan keselarasan perencanaan pembangunan daerah antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola saat membuka forum tersebut mendorong pemerintah kota (pemkot)/kabupaten (pemkab), terutama Kabupaten Sigi, Donggala, Tojo Unauna dan Parigi Moutong untuk menekan angka kemiskinan.

Berdasarkan data kata Gubernur Longki, angka kemiskinan di Sulteng mencapai 13.06 % dan empat kabupaten tersebut memberi kontribusi luar biasa terhadap angka kemiskinan di Sulteng.

“Jika kabupaten/kota tidak mampu menekan angka kemiskinan yang pasti penilaian di tingkat nasional maupun provinsi kita juga ikut anjlok. Padahal terkait kemiskinan kabupaten/kotalah kontributornya,” katanya.

Untuk itu dia berharap kepada pemerintah kabupaten/kota melalui Kepala Bappeda setempat yang hadir dalam forum itu agar hal-hal mempengaruhi kehidupan masyarakat seperti pendidikan, kemiskinan dan kesejahteraan mendapat prioritas atau porsi yang lebih.

Para kepala bappeda juga berbicara dan berdiskusi dengan para kepala daerahnya masing-masing agar disiapkan anggaran yang memadai.

Gubernur pun mengajak kabupaten/kota bersama pemprov untuk saling menunjang agar persoalan kemiskinan di Sulteng bisa cepat dituntaskan. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 9 times, 1 visits today)

News Feed