oleh

Rostin Tumaloto Nakhodai Lamahu Sulteng

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi secara resmi melantik dan mengukuhkan pengurus Huyula Lo Hulondhalo (Lamahu) masa bakti 2020-2024 bertempat di Aula SMK Pancasila Kota Palu, Sabtu (20/3/2021). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Wakil Gubernur, Rusli Dg Palabbi secara resmi melantik dan mengukuhkan pengurus Huyula Lo Hulondhalo (Lamahu) masa bakti 2020-2024 bertempat di Aula SMK Pancasila Kota Palu, Sabtu (20/3/2021).

Bubato (Dewan Pengurus); AKBP (purn) Rostin Tumaloto (ketua) dan empat orang pengurus Wakil Ketua, Mahyuddin Piu (sekretaris), Ulfa HS Ismail (bendahara).

Selain pengurus di atas juga dibantu dengan empat bidang yakni bidang ekonomi keuangan dan aset, bidang organisasi dan keanggotaan, bidang agama, seni budaya dan olahraga serta bidang sumber daya manusia, kaderisasi dan generasi muda ditambah tiga orang sekretaris dan wakil bendahara.

Mengawali sambutannya, Wagub Rusli Palabbi yang masih memiliki darah keturunan Gorontalo menyatakan kebahagiaannya dapat berkumpul dengan masyarakat yang tergabung dalam organisasi Lamahu Provinsi Sulawesi Tengah.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah saya ucapkan selamat atas dilantiknya saudara-saudara yang terpilih selaku pengurus Lamahu Sulawesi Tengah periode 2020-2024. Semoga amanah yang mulia ini dapat dilaksanakan secara dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar wagub.

Menurut wagub, pelantikan merupakan hal yang lazim dilakukan bagi setiap pengurus organisasi dalam upaya menata dan menggerakkan sebuah organisasi dengan tujuan menjalankan program kerja yang nantinya dapat dirasakan oleh anggota dan masyarakat sesuai fungsi dan tugas pokoknya masing-masing.

Dia mengatakan, seluruh masyarakat pendatang dari luar daerah maupun dari semua kerukunan dan etnis dapat disebutkan bahwa mereka adalah juga sebagai masyarakat Sulteng.

Untuk itu diharapkan Lamahu Sulteng hendaknya dapat berfungsi sebagai alat perekat pemersatu antara kelompok etnis dan jangan ada sikap saling membeda-bedakan antara suku, adat, golongan apalagi agama.

Kepada pengurus Lamahu yang baru dilantik, wagub berharap agar dapat melakukan berbagai upaya pembinaan dari aspek sosial, budaya, ekonomi dan keagamaan serta dapat mengangkat prioritas utama dalam program kerjanya yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua Lamahu Sulteng yang baru dilantik, AKBP (purn) Rostin Tumaloto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada wagub yang berkenan melantik pengurus Lamahu masa bakti 2020-2024.

Menurutnya, salah satu prioritas utama yang akan dilaksanakannya yakni peduli duafa, khususnya menyambut bulan suci Ramadan melalui paket Melu termasuk sosialisasi pencegahan penyebarluasan virus Corona melalui 3M yakni cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak serta informasi pentingnya vaksinasi.

Rostin yang juga mantan perwira Polda Sulteng itu mengatakan, diperkirakan sebanyak 4.000 orang warga Gorontalo bermukim di Sulteng.

Selain Lamahu juga terdapat Kerukunan Keluarga Gorontalo (KKG) yang mana antara kedua organisasi tersebut senantiasa terjalin kerjasama dan hubungan yang baik.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus organisasi Lamahu juga diikuti dengan penyematan selendang kepada wagub selaku Banthayo atau Dewan Permusyawaratan serta dua orang pengurus lainnya selaku Sara’a atau Dewan Pertimbangan serta Bubato atau Dewan Pengurus. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 14 times, 1 visits today)

News Feed