oleh

Cegah Kekerasan, DP3A Sulteng Bikin Pelatihan Penguatan Organisasi Perempuan di Parimo

CEGAH kekerasan, DP3A Sulawesi Tengah menggelar Pelatihan Penguatan Organisasi Perempuan di Parigi Moutong, Jumat (5/3/2021). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PARIMO– Pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjsama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) melaksanakan Pelatihan Penguatan Organisasi Perempuan dalam pencegahan kekerasan terhadap perempuan di sebuah hotel Parigi, Jumat (5/3/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dari 5 hingga 6 Maret 2021.

Kepala DP3A Sulteng diwakili Kepala Seksi Perlindungan Khusus Anak, Mirna Lahido mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan diantaranya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta penanggulangannya.

Selain itu juga terbangunnya kemitraan antar lembaga pemerintah, LSM, organisasi perempuan dan dunia usaha di Parimo.

“Peserta berjumlah 30 orang terdiri dari PKK, organisasi profesi perempuan serta Dinas DP3AP2KB Parigi Moutong,” kata Mirna.

Mirna menuturkan, pencegahan kekerasan terhadap perempuan penting dilakukan untuk melindungi hak hak perempuan dan juga anak agar tidak terlantarkan dan dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

“Pencegahan harus dilakukan di lingkungan keluarga maupun masyarakat,” katanya.

Selain itu kata Mirna, guna memastikan upaya pencegahan, maka perlu membangun kemitraan antara lembaga pemerintah, LSM, sektor swasta dan dunia usaha, organisasi profesi di pusat maupun di daerah.

Wakil Bupati (wabup) Parimo, Badrun Nggai dalam sambutannya mengatakan, kekerasan terhadap perempuan adalah tindakan penyiksaan secara fisik.

“Kekerasan terhadap perempuan terjadi adanya penyimpangan atau ketidakadilan,” ucapnya.

Olehnya Wabup Badrun berharap, perempuan tidak lagi diperlakukan semena-mena yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan fisik dan gangguan mental.

“Saya harapkan mari kita kerjasama yang baik untuk mencegah terjadinya kekerasan di rumah tangga, khususnya terhadap perempuan dan anak,” tuturnya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 9 times, 1 visits today)

News Feed