Pekan Ini, Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Bagi Petugas Publik dan Lansia Dimulai

RAPAT evaluasi penanganan Covid-19 dan vaksinasi tahap dua secara virtual pada Selasa (2/3/2021). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat bersabar dan memahami prioritas vaksinasi yang mendahulukan kelompok berisiko yang rentan tertular Covid-19 seperti lanjut usia (lansia).

Hal ini tak lepas dari tingginya animo masyarakat yang ingin segera divaksin supaya dapat beraktivitas dengan normal.

Idul Adha PT IMIP

“Saya minta kepala daerah untuk mengomunikasikan ini supaya masyarakat tidak kecewa,” ungkap Menkes Budi saat rapat evaluasi penanganan Covid-19 dan vaksinasi tahap dua secara virtual pada Selasa (2/3/2021).

Rapat tersebut dihadiri oleh Kadis Kesehatan Sulteng, dr I Komang Adi Sujendera.

Selain itu, Menkes Budi juga meminta daerah membuat rencana aksi untuk memastikan bahwa vaksinasi tahap dua dapat selesai paling lambat Juni 2021, termasuk menambah sentra-sentra vaksinasi.

“Kita butuh kemampuan menyuntik yang lebih tinggi sehingga (penyuntikan) di faskes saja tidak cukup,” ungkapnya supaya daerah dapat menambah sentra-sentra vaksinasi di luar faskes.

Mulai Juli 2021 kata dia, beban penyuntikan akan lebih tinggi dari bulan-bulan yang lalu seiring bertambahnya jumlah ketersediaan vaksin.

Jika itu bisa diwujudkan maka dia optimis target satu juta penduduk per hari yang divaksin akan dapat dipenuhi.

“Ekspektasi ini harus dikomunikasikan dengan baik,” pungkasnya.

Untuk Sulawesi Tengah sendiri, vaksinasi tahap dua yang ditujukan kepada petugas publik dan lansia baru akan dimulai pekan ini. CAL

Idul Adha PT CPM

News Feed