oleh

Kemendagri Catat 43,8 Juta Orang Daftar Program Kartu Prakerja

PENJABAT Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah, Mulyono mengikuti Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2021 yang digelar secara virtual oleh pihak Kementerian Dalam Negeri, Selasa (2/3/2021). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Penjabat Sekretaris Provinsi (sekprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), Mulyono mengikuti Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2021 yang digelar secara virtual oleh pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (2/3/2021).

Penjabat Sekprov didampingi Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Arnold Firdaus.

Dalam pengantarnya, Pelaksana Harian Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Sri Purwaningsih menyampaikan, Program Kartu Prakerja adalah program peningkatan kapasitas pengembangan kompetensi kerja yang dibutuhkan untuk pencari kerja.

“Pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi,” sebutnya.

Namun dalam perkembangannya, pelaksanaan program ini bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19, maka pelaksanaan program kartu prakerja kemudian menjadi bagian dari bantuan sosial untuk penanggulangan dampak pandemi yang berbentuk program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja/para pencari kerja serta pelaku usaha mikro/kecil.

Menurutnya, pelaksanaan Program Kartu Prakerja tahun 2020 telah dimulai sejak April dan berakhir di November.

“Tanggal 15 Januari 2021 telah tercatat sebanyak 43,8 juta per orang terdaftar yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia,” ucapnya terhadap antusiasme dan respon masyarakat pada Program Kartu Prakerja.

Dia pun mengucapkan terima kasih para kepala daerah yang memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat di wilayahnya.

Sri Purwaningsih berharap para kepala daerah dapat melaksanakan dengan baik Peratuan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 23 times, 1 visits today)

News Feed