oleh

11 Cara Menghindari Virus Corona, Sepele Tapi Kerap Terlupakan

Cara menghindari virus Corona (Foto: Pradita Utama)

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Meningkatnya virus Corona membuat pemerintah memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sebagian wilayah Jawa dan Bali pada 11-25 Januari 2021. Banyak cara menghindari Virus Corona yang bisa diterapkan oleh masyarakat.

Beberapa hal mudah dilakukan di mana saja sebagai cara menghindari virus Corona. Virus Corona tidak boleh disepelekan mengingat penyakit ini dapat menyerang siapa saja, bahkan orang yang sehat sekalipun.

Dikutip dari Healtline, berikut 11 cara menghindari virus Corona:

1. Selalu cuci tangan

Cuci tangan adalah cara menghindari Virus Corona yang paling umum. Hal ini disebabkan karena virus COVID-19 mudah menyebar melalui permukaan benda yang tangan kita sentuh.

Gunakan air hangat dan sabun kemudian gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Bubuhkan busa ke pergelangan tangan Anda, di antara jari-jari, dan di bawah kuku. Gunakan pembersih tangan jika Anda tidak bisa mencuci tangan dengan benar, terutama setelah menyentuh apa pun, termasuk ponsel atau laptop.

2. Hindari menyentuh wajah

Saat berada di luar rumah, hindari menyentuh wajah termasuk mulut, hidung, dan mata karena bisa saja tangan kita kotor dan memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Hal ini dilakukan sebagai cara menghindari virus Corona.

3. Hindari bersalaman dan memeluk orang lain

Cara menghindari virus Corona selanjutnya adalah menghindari salaman dan memeluk orang lain. Kontak fisik dengan orang lain juga dikatakan sebagai salah satu proses penyebaran virus COVID-19.

4. Tidak meminjamkan barang pribadi

Virus COVID-19 bisa datang dari mana saja, contohnya penggunaan alat makan. Jangan meminjamkan barang pribadi ke orang lain dan bawalah peralatan makan sendiri saat makan di luar rumah sebagai cara menghindari virus Corona.

5. Tutupi mulut dan hidung saat batuk dan bersin

COVID-19 ditemukan dalam jumlah tinggi di hidung dan mulut. Artinya, virus dapat menular melalui tetesan udara ke orang lain saat Anda batuk, bersin, atau berbicara.

Cara menghindari virus Corona yang bisa dilakukan adalah gunakan tisu atau siku Anda untuk menutup mulut dan hidung saat batuk maupun bersin.

6. Semprotkan disinfektan pada permukaan benda yang sering disentuh

Beberapa benda yang sering disentuh sebaiknya sering disemprotkan disinfektan sebagai cara menghindari virus Corona. Beberapa permukaan benda yang dimaksud adalah gagang pintu, meja, kursi, dan layar handphone.

7. Jaga jarak

Cara menghindari virus Corona adalah tetap di rumah saja. Namun, jika ada kepentingan yang membuat Anda harus ke luar rumah, jaga jarak sejauh 2 meter dari orang lain. Berdekatan dengan orang lain juga berpotensi menularkan virus Corona.

8. Hindari kerumunan

Berada dalam suatu kerumunan orang membuat Anda banyak berinteraksi dengan mereka. Hal ini bisa memperbesar penyebaran COVID-19. Cara menghindari virus Corona yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari kerumunan.

9. Hindari makan di tempat umum

Cara menghindari virus Corona selanjutnya adalah tidak makan di tempat umum. Kemajuan teknologi membuat kita bisa memesan makanan dari luar dan langsung diantarkan ke rumah. Hal ini dinilai lebih aman dan praktis.

10. Cuci bahan makanan dengan air mengalir

Setelah berbelanja bahan makanan, cucilah dengan air mengalir sebelum dimasak atau dimakan langsung. Hal ini dilakukan sebagai cara menghindari virus Corona.

11. Gunakan masker

Memakai masker dapat menghambat penyebaran virus saat kita berinteraksi dengan orang di luar rumah. Hal ini sebagai cara menghindari virus Corona dan menghambat penyebaran virus.

Gunakan masker kain atau masker medis untuk menutupi area hidung dan mulut. Virus Corona mudah masuk ke dalam tubuh lewat mulut atau hidung.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 16 times, 1 visits today)

News Feed