oleh

Bawaslu Sebut Hasil Rekapitulasi Pilkada Touna Sudah Sesuai

KETUA Bawaslu Tojo Una-Una, Abas (tengah).

SultengTerkini.Com, TOUNA– Pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) memantau hasil rekapitulasi perolehan suara pilkada yakni pemilihan bupati dan wakil bupati setempat.

Dari hasil pengawasan Bawaslu bahwa proses hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh pihak KPU sudah sesuai dengan perolehan suara dari semua pasangan calon.

“Dari pengawasan kami dilapangan atas proses rekapitulasi suara, semuanya sudah sesuai dengan hasil perolehan suara, sedikit pun tidak ada perbedaan dari awal sampai terakhir,” ungkap Ketua Bawaslu Touna, Abas, Kamis (17/12/2020).

Namun kata dia, ada sedikit kesalahan, tetapi hanya bersifat salah tulis.

“Misalnya penulisan DPT ada salah kolom, begitu juga ada surat suara keliru yang dikembalikan atau surat suara dicoblos, lalu salah mengisi kotak, sehingga mempengaruhi ketidakkonekan dalam penjumlahan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada rekapitulasi yang dilakukan hari pertama Bawaslu sempat merekomendasikan pembukaan kotak, khusus Kecamatan Walea Besar karena itu permintaan para saksi.

Hal itu juga dilakukan sebagai bentuk transparansi terhadap pemilih yang menggunakan KTP dan Surat Keterangan (Suket) dan pembukaan kotak itu disaksikan oleh para saksi pasangan calon.

“Jadi dari pengawasan itu kami simpulkan proses rekapitulasi sudah sesuai dengan perolehan suara,” katanya. SAF

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 71 times, 1 visits today)

News Feed