oleh

Tiga Petahana di Palu, Poso dan Banggai Tumbang

ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, PALU– Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 memasuki tahapan rekapulasi hasil pemungutan suara.

Di Sulawesi Tengah (Sulteng) ada tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Poso, Morowali Utara, Tolitoli, Banggai, dan Banggai Laut (Balut).

Hasil hitung cepat sejumlah lembagai survei menunjukkan adanya kejutan di Kota Palu, Kabupaten Poso dan Kabupaten Banggai.

Di Kota Palu, petahana Hidayat kalah dari pasangan Hadianto Rasyid-Reni Lamadjido. Hidayat berpasangan dengan Habsa Yanti Ponulele.

Mereka diusung Partai Indonesia Perjuangan (PDIP), Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Perindo.

Ini yang ketiga kalinya Habsa Yanti Ponulele tumbang dalam pertarungan politik di pilkada Kota Palu.

Berdasarkan data perolehan suara sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) di https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura pada Kamis (10/12/2020) sekira pukul 11.14 Wita, pasangan Hadianto Rasyid-Reni Lamadjido unggul dengan persentase suara 40.7 persen.

Sementara Hidayat-Habsa menempati urutan ketiga dengan persentase suara 18.2 persen, bahkan berada di bawah pendatang baru yakni, pasangan Imelda Liliana Muhidin-Arena JR Parampasi dengan persentase suara 23.9 persen.

Di Kabupaten Banggai, pasangan petahana Herwin Yatim dan Mustar Labolo (Winstar) juga kalah telak.

Winstar kalah dari pasangan Amirudin Tamoreka-Furqannudin Masulili.

Duet petahana itu berada di posisi kedua dengan persentase suara 31.9 persen.

Sedangkan Amirudin Tamoreka-Furqannudin Masulili unggul dengan presentase suara 45,2 persen.

Bahkan pasangan itu mendapatkan perolehan suara merata di 23 kecamatan se Kabupaten Banggai. Sementara Winstar tidak ada satupun dapil yang dimenangkannya.

Nasib serupa juga dialami petahana Bupati Poso, Darmin Sigilipu yang ditumbangkan lawannya pasangan nomor urut 01 Verna Inkiriwang-Yasin Mangun.

Pasangan yang diusung empat partai politik itu memuncaki hitung cepat dengan persentase suara 47.6 persen dan Darmin Sigilipu-Amdjad Lawasa berada diposisi kedua dengan persentase suara 42,8 persen. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 200 times, 1 visits today)

News Feed