oleh

Sriyanti Dg Parebba: Saya Ikhlaskan Suamiku untuk Rakyat Tolitoli!

SRIYANTI Dg Parebba (duduk di sebelah kanan) berpose bersama suami dan anak-anaknya. FOTO: DOK KELUARGA

DIBALIK kesuksesan suami, ada istri yang hebat di belakangnya. Demikian kata bijak yang sering kita dengar. Sriyanti Dg Parebba termasuk salah satu istri hebat itu.

Ibu lima anak tersebut mampu mendorong kesuksesan suaminya menjadi kepala desa, anggota DPRD tiga periode, Wakil Bupati Tolitoli dan kini menjadi calon Bupati Tolitoli.

OLEH: AGUS PANCA SAPUTRA

Bagi Sriyanti Dg Parebba, Amran H Yahya adalah sosok suami yang baik, jujur dan bijaksana. Karakter suaminya tak pernah berubah, baik ketika masih berstatus masyarakat biasa, kemudian terpilih sebagai Ketua Koperasi Unit Desa (KUD), naik lagi menjadi kepala desa, hingga pernah menjabat Wakil Bupati Tolitoli periode 2010-2015.

Karakter Amran H Yahya yang bersahaja, tidak membedakan status sosial dalam bergaul dan memiliki kepedulian besar dalam menyelesaikan persoalan rakyat, membuat Sriyanti Dg Parebba bersemangat untuk terus membantu suaminya.

Sebagai istri, melayani semua kebutuhan suami adalah kewajiban. Prinsip itu ditanamkannya, sehingga segala urusan suaminya berjalan baik.

Sebagai istri, Sriyanti Dg Parebba juga sadar bahwa Amran H Yahya tak lagi miliknya seutuhnya.

Begitu banyak rakyat kecil yang menggantungkan nasib pada suaminya.

Sebagai istri, Sriyanti Dg Parebba ikhlas, ketika waktu suaminya akan lebih banyak digunakan untuk mengurus persoalan rakyat dibanding bercengkerama dengan keluarganya.

“Saya ikhlas kalau bapak menjadi milik seluruh rakyat Tolitoli. Tentu saya sebagai istri sangat mendukung bapak dalam menyelesaikan urusan pemerintahan, urusan kemasyarakatan maupun urusan keluarga,” tutur Sriyanti Dg Parebba saat berdialog dengan jurnalis media ini, Sabtu (5/12/2020).

Ibu dari Dokter Ika Pratiwi Lestari A Yahya, Chairunnisa A Yahya, Jihan Fahira A Yahya, Mohammad Fauzan Adzima A Yahya dan Putri Salsabila A Yahya itu mengatakan, dirinya tidak pernah mencampuri urusan suaminya.

“Kita sebagai istri harus mengerti dan bisa membedakan mana urusan-urusan pemerintahan, mana urusan kemasyarakatan dan mana urusan rumah tangga,” jelas Sriyanti.

Sriyanti menambahkan, sejak Amran H Yahya berkecimpung di pemerintahan, suaminya senantiasa melayani seluruh masyarakat dari kelas manapun.

AMRAN H Yahya bersama Sriyanti Dg Parebba. FOTO: DOK KELUARGA

“Bapak sudah bisa memahami apa yang bisa dia lakukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan masyarakat. Tentunya, kami sebagai istri sangat paham tentang itu. Saya tidak pernah ikut campur tentang urusan-urusan pemerintahannya,” ucap Sriyanti yang  kini berstatus Anggota DPRD Tolitoli dari Partai Bulan Bintang.

Ketika Amran H Yahya terpilih sebagai Bupati Tolitoli, Sriyanti Dg Parebba secara otomatis akan menjabat Ketua PKK Tolitoli.

“InsyaAllah, kalau Allah SWT memberikan rezeki bapak akan terpilih jadi bupati, tentunya saya sebagai istri akan menjadi ketua PKK, ibu kepala daerah. Saya berharap kedepan, saya dapat meningkatkan program-program PKK dan organisasi perempuan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan,” urai Sriyanti.

Calon Bupati Tolitoli, Amran H Yahya sangat mengagumi istrinya.

Amran H Yahya mengaku mendapat dukungan yang besar dari Sriyanti Dg Parebba, sehingga segala urusannya berjalan mulus.

“Ibu itu tidak pernah cemberut dengan orang. Dia selalu senyum ketika melayani semua orang yang datang menemui saya. Ketika saya turun ke masyarakat, dia juga senang,” tutur Amran H Yahya.

“Ada kebahagiaan tersendiri bagi saya apabila menyelesaikan persoalan masyarakat. Begitupun ibu. Dia bahagia ketika orang lain terlepas dari kesusahan,” sambung Amran.

Sementara itu, Ketua Litbang pasangan Amran H Yahya-Mohammad Besar Bantilan (Amanah Besar), Irvan Pontoh mengatakan, ada tiga wanita hebat yang mendampingi para calon Bupati Tolitoli.

“Bapak ibu kalau memilih pemimpin, lihat juga pendampingnya. Karena pendamping inilah yang nanti akan mengurus ibu-ibu melalui program PKK,” tegas Irvan Pontoh di beberapa lokasi kampanye.

Dia menambahkan, masyarakat Tolitoli tidak salah jika memilih Sriyanti Dg Parebba sebagai Ketua PKK kedepan.

“Kita lihat kesederhanaan beliau. Ibu Sriyanti Dg Parebba akan melayani ibu-ibu dan membangkitkan kesejahteraan ibu-ibu,” pungkasnya. ***

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 206 times, 1 visits today)

News Feed