Surat Suara Pilkada Tolitoli Kelebihan 1.196 Lembar, Pilgub Sulteng Lima Lembar

APARAT Polres Tolitoli menjaga ketat proses penyortiran dan pelipatan surat suara pilkada serentak di wilayahnya. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Terdapat selisih kelebihan surat suara yang begitu besar antara surat suara Pilkada Tolitoli dengan surat suara pemilihan gubernur (pilgub) Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kelebihan surat suara Pilkada Tolitoli tercatat sebanyak 1.196 lembar, sedangkan kelebihan surat suara pilgub hanya lima lembar.

Idul Adha PT IMIP

Perlu diketahui, kebutuhan surat suara Pilkada Tolitoli tercatat sebanyak 154.013 lembar.

Jumlah ini adalah akumulasi dari daftar pemilih tetap di Kabupaten Tolitoli sebesar 150.009 ditambah 2,5 persen surat suara cadangan yang diamanatkan undang-undang pemilu.

Namun saat surat suara Pilkada Tolitoli dan surat suara pilgub Sulteng tiba di Kantor KPU Tolitoli, jumlah surat suara yang diterima sebanyak 309.248 lembar, terdiri dari 155.226 untuk surat suara Pilkada Tolitoli dan 154.022 lembar surat suara pilgub Sulteng.

Setelah disortir, KPU Tolitoli menemukan 17 surat suara Pilkada Tolitoli rusak. Untuk surat suara Pilgub Sulteng, KPU Tolitoli menemukan empat lembar surat suara rusak.

Ketua KPU Tolitoli, Suleman Padjalani membenarkan adanya temuan surat suara rusak dan kelebihan surat suara tersebut.

Dia merinci, surat suara yang diterima KPU Tolitoli sebanyak 309.248 surat suara, sementara surat suara yang dibutuhkan hanya sebanyak 308.026 lembar.

“Surat suara Pemilihan Gubernur yang dibutuhkan hanya 154.013 yang diterima 154.022 lembar. Dari jumlah itu, empat surat suara rusak, sehingga ada kelebihan lima lembar. Sementara untuk surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, yang dibutuhkan 154.013, tapi yang diterima 155.226 lembar. Setelah disortir, 17 suara rusak dan kita masih kelebihan 1.196 lembar surat suara,” jelas Suleman.

Sementara itu, Kasubbag Keuangan dan Logistik KPU Tolitoli, Aswan mengatakan, surat suara yang dinyatakan rusak disebabkan karena sobek, ada bercak tinta, gambar surat suara buram, serta surat suara yang gambarnya tembus sampai di sebelah kertas atau terbayang.

“Surat suara yang rusak kami tidak ganti, karena ada kelebihan baik surat suara cabup/cawabup maupun cagub/cawagub,” tuturnya.

Tim Hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, Amran H Yahya-Mohammad Besar Bantilan (Amanah Besar), Juanda menuturkan, pihaknya telah mengomunikasikan adanya kelebihan surat suara itu.

Menurut dia, surat suara yang lebih akan dimusnahkan disaksikan seluruh seluruh tim pemenangan para kandidat.

“Nanti akan dimusnahkan dan dibuatkan berita acara pemusnahannya,” kata Juanda. MRZ/GUS

Idul Adha PT CPM

News Feed