oleh

300 Guru di Sulteng dan Sulbar Ikut Training Online Pemulihan Mental

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi secara resmi membuka training online pemulihan mental dan dukungan psikososial bagi guru-guru sekolah selama pandemi Covid-19 tahun 2020 bertempat di Ruang Vidkon kantor gubernur, Kamis (1/10/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Wakil Gubernur (Wagub) Rusli Dg Palabbi secara resmi membuka training online pemulihan mental dan dukungan psikososial bagi guru-guru sekolah selama pandemi Covid-19 tahun 2020 bertempat di Ruang Vidkon kantor gubernur, Kamis (1/10/2020).

Mengawali sambutannya, Wagub Rusli secara pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulteng menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Lingkar Belajar untuk Perempuan dan perwakilan UNICEF atas terlaksananya kegiatan pemberdayaan dan penguatan kompetensi bagi kurang lebih 300 peserta guru bimbingan konseling pada sejumlah sekolah di Sulteng dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Menurut wagub, belum lenyap dari memori peristiwa bencana alam gempa bumi tsunami dan likuefaksi 28 September 2018 yang menimpa Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di wilayah Kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong, kemudian kini ditambah lagi dengan ujian bencana non alam yaitu pandemi Covid-19.

Dimana pada beberapa hari terakhir mengalami lonjakan kasus signifikan, khususnya di Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Sehingga kata dia, kondisi tersebut otomatis akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan mental dan psikososial peserta didik yang masih harus melaksanakan pembelajaran secara jarak jauh untuk memutus mata rantai Covid-19.

Dengan demikian kata wagub, training yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pelayanan terpadu untuk anak melalui pusat kesejahteraan sosial anak integratif yang merupakan hasil kerjasama antara Unicef, Kementerian Sosial, Dinas Sosial provinsi dan kabupaten kota se Sulawesi Tengah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi dan kabupaten kota se Sulawesi Tengah serta ibu perempuan lembaga-lembaga adat dan pihak terkait lainnya.

Untuk itu sebelum membuka acara, wagub meminta kepada peserta untuk mengikutinya dengan serius dari awal sampai akhir supaya materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat dimengerti dikuasai dan diterapkan tanpa kendala kepada peserta didik di sekolah.

“Secara khusus saya meminta kepada guru sekalian supaya membantu pemerintah dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, khususnya 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Tolong bapak/ibu guru ikut menyebarluaskan pentingnya 3M ini kepada peserta didik dan orang terdekat kita supaya semuanya tetap aman terlindungi dan produktif selama pandemi,” ujar wagub.

Training Online Pemulihan Mental dan Dukungan Sosial Bagi Guru-guru Sekolah Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020 diikuti 300 peserta guru-guru bidang konseling pada sejumlah sekolah di Sulteng dan Sulbar secara virtual. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 15 times, 1 visits today)

News Feed