oleh

Gubernur Sulteng: Jangan Ada Lagi ABK Telantar Pendidikannya!

GUBERNUR Sulawesi Tengah Longki Djanggola kembali meresmikan Unit Gedung Baru Sekolah Luar Biasa Porame di Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Selasa (22/9/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, SIGI– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola kembali meresmikan Unit Gedung Baru (UGB) Sekolah Luar Biasa (SLB) Porame di Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Selasa (22/9/2020).

Gedung tersebut adalah bangunan baru menggantikan gedung lama SLB Marawola yang rusak akibat gempa bumi dan likuefaksi 28 September 2018.

Selain seremoni peresmian gedung, juga dilaksanakan penyerahan aset tanah dari Bupati Sigi Muh Irwan kepada Pemerintah Provinsi Sulteng.

Tampak hadir di acara, Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Alimudin Paada, Dirut Bank Sulteng Rahmat Abdul Haris dan pejabat terkait.

Atas peresmian SLB Porame, Gubernur Longki Djanggola meminta supaya fasilitas ini langsung dimanfaatkan agar pelayanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) berjalan sebagaimana mestinya.

“Jangan ada lagi (ABK) yang telantarkan apalagi terpasung hak-haknya,” ungkap Gubernur Longki.

Gubernur menekankan pentingnya sosialisasi dari aparat kecamatan/desa supaya masyarakat mengetahui keberadaan SLB Porame yang menerima peserta didik berkebutuhan khusus.

“Siapapun dia berhak mendapat pendidikan dan ini yang mesti masyarakat pahami,” tutur Gubernur Longki sembari menegaskan bahwa ABK juga berhak mendapat pendidikan sama seperti anak-anak lain.

Sebelumnya Kepala Bidang PK-PLK, Minarni Nongtji dalam laporan menyampaikan kronologi pembangunan gedung SLB Porame yang diawali penyediaan lahan oleh bupati.

Kemudian disusul permohonan pembangunan UGB oleh gubernur ke pemerintah pusat dan akhirnya mendapat restu dari Direktorat Pembinaan PK-LK Kemendikbud tahun 2019 lalu.

SLB Porame kata dia, memiliki daya tampung 170 orang siswa tapi dari 24 ruangan kelas yang dibutuhkan baru 12 yang selesai dibangun.

“12 ruangan selanjutnya akan dibangun 2021,” kata Kabid PK-PLK.

Dengan SLB Porame kata dia, Sulteng kini memiliki 30 SLB yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, atau meningkat 21 SLB dari jumlah awal 9 SLB pada 2011 silam.

“SLB ini perlu kita perhatikan, Insya Allah 99% masuk surga tinggal 1% ikhlas,” tuturnya mengumpamakan kerja-kerja bidang PK-PLK selama ini. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 20 times, 1 visits today)

News Feed