oleh

Walikota Palu Ajak Warga Rawat Nilai Kearifan Lokal

WALI KOTA Palu, Hidayat membuka acara musyawarah DPD KNPI setempat ke VIII di Ruang Rapat Bantaya kantor walikota pada Sabtu (19/9/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Wali Kota Palu, Hidayat membuka acara musyawarah DPD KNPI setempat ke VIII di Ruang Rapat Bantaya kantor walikota pada Sabtu (19/9/2020).

Adapun tema yang diusung dalam musyawarah tersebut “menegakkan semangat pemuda dalam pembangunan Kota Palu yang berbudaya berbasis kearifan lokal”.

Hadir pula ketua DPD KNPI Sulteng, Ketua KNPI Kota Palu dan pengurus serta dari pejabat kepolisian dan tokoh organisasi kepemudaan dan stakeholder lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Hidayat menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan musyawarah DPD KNPI Kota Palu.

Walikota Hidayat mengatakan, adat dan budaya yang diangkat dalam visi misi Pemerintah Kota (pemkot) Palu yakni Palu Kota Jasa Berbudaya dan Beradat Dilandasi Iman dan Takwa adalah budaya dalam konteks nilai.

“Ada tiga nilai yang dimaksud antara lain nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Kaili dan merupakan intisari dari kelima sila yang ada di dalam Pancasila,” ujarnya.

Dia mengatakan, kalau melihat beberapa tahun lalu, di Kota Palu sering terjadi konflik antar daerah atau kelurahan, dan setelah tiga nilai itu diwujudkan oleh Pemkot Palu, konflik tersebut hampir tidak lagi terjadi.

Namun demikian, menurut Hidayat potensi konflik tersebut masih rawan terjadi. Olehnya perlu kerjasama antara pemerintah, masyarakat, maupun para pemuda untuk terus mewujudkan nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan itu.

“Mari kita bangun, kita rawat, serta kita hargai nilai-nilai kearifan lokal ini, sehingga daerah kita akan aman dan damai,” harapnya.

Menurutnya, adat yang dimaksud dalam visi misi Pemkot Palu bukanlah tentang ritual-ritual, namun soal aturan tentang tatanan kehidupan manusia.

Dia menambahkan, ada empat aturan adat yakni tiga aturan adat yang mengatur hubungan manusia dengan manusia, baik ucapan, perilaku, dan perbuatan, serta satu aturan yang mengatur hubungan manusia dengan alam.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kota Palu, Fitri Mastura menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Palu yang sangat besar mendukung terselenggaranya musyawarah KNPI tersebut.

Apalagi selama kepemimipinan Hidayat sebagai Walikota Palu, pembangunan infrastruktur sangat dirasakan manfaatnya.

Apalagi pascabencana dengan geliat ekonomi yang semakin bertumbuh baik dan banyak hal yang sangat positif dirasakan manfaatnya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 21 times, 1 visits today)

News Feed