oleh

Gubernur Sulteng Resmikan Empat Gedung Puskesmas dan Lima Pasar Rakyat di Bangkep

GUBERNUR Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola meresmikan empat gedung baru puskesmas rawat inap dan lima pasar rakyat yang dipusatkan di Desa Kanali, Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Selasa (15/9/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, BANGKEP– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola meresmikan empat gedung baru puskesmas rawat inap dan lima pasar rakyat yang dipusatkan di Desa Kanali, Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Selasa (15/9/2020).

Adapun yang diresmikan oleh Gubernur Longki antara lain, Pasar Rakyat Lumbi-Lumbia Kecamatan Buko Selatan, Pasar Rakyat Bonepuso Kecamatan Bulagi Selatan, Pasar Rakyat Mansamat B Kecamatan Tinangkung Selatan, Pasar Rakyat Luksagu Kecamatan Tinangkung Utara.

Selanjutnya Pasar Rakyat Bulagi Kecamatan Bulagi, UPT Puskesmas Perawatan Lumbi-Lumbia Kecamatan Buko Selatan, UPT Puskesmas Perawatan Totikum Selatan Kecamatan Totikum Selatan, UPT Puskesmas Perawatan Lolantang Kecamatan Bulagi Selatan, UPT Puskesmas Bonepuso Kecamatan Bulagi Selatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Longki mengapresiasi atas selesainya pembangunan puskesmas dan pasar rakyat yang pembiayaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Kesehatan Tahun 2019 untuk pembangunan puskesmas dan pembangunan pasar rakyat yang berasal dari dana tugas pembantuan serta DAK Kementerian Koperasi.

Dia berharap puskesmas yang baru dapat lebih memotivasi seluruh insan kesehatan untuk dapat melahirkan inovasi-inovasi guna menyelesaikan masalah kesehatan di Bumi Trikora, khususnya menekan angka prevalensi stunting, termasuk memutus mata rantai Covid-19.

Dia berharap semoga keberadaan pasar rakyat yang baru dapat berfungsi sebagai salah satu akselerator penggerak kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat.

Dia mengajak seluruh masyarakat Bangkep untuk menjaga dan memelihara fasilitas kesehatan dan fasilitas ekonomi agar sarana yang telah dibangun dapat berfungsi secara optimal.

“Saya pesan supaya setiap pelaku ekonomi dan pengunjung pasar tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujarnya.

“Fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan saat ini terdiri dari satu RSUD Trikora Salakan dengan status Rumah Sakit Tipe C, satu Rumah Sakit Umum Pratama yaitu RSUP Bilabanggai Lumbi-Lumbia dengan status Rumah Sakit Tipe D dan 13 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan terdiri tujuh puskesmas rawat inap dan enam puskesmas non rakyat dan semua puskesmas sudah terakreditasi,” ujar Bupati Bangkep Rais D Adam.

Turut mendampingi Gubernur Longki diantaranya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, pelaksana harian Kadis Kesehatan Sulteng, Karo Humas Protokol, forum komunikasi pimpinan daerah Bangkep. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 25 times, 1 visits today)

News Feed