oleh

Kunjungi Korban Banjir Dolo Selatan, Wagub Sulteng Serahkan Bantuan

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Daeng Palabbi menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Selasa (15/9/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, SIGI– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Wakil Gubernur (Wagub) Rusli Daeng Palabbi dengan pengawalan satuan polisi pamong praja dan didampingi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Selasa (15/9/2020).

Wagub Rusli bersama rombongan bertolak dari Kota Palu pukul 10.00 Wita dan mengunjungi Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan sekaligus memberikan bantuan kepada korban banjir yang dipusatkan pada posko bencana dan diterima secara langsung oleh Camat Dolo Selatan, Ali Nurdin.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa mi instan, beras, peralatan dapur, tenda, makanan anak, peralatan MCK serta kebutuhan lainnya.

Berdasarkan informasi dari Camat Dolo Selatan, Ali Nurdin, daerah yang terdampak di Desa Rogo yakni pada Dusun 1 dan Dusun 2 dengan rincian 41 unit rumah rusak berat dan 27 unit rusak sedang sementara pada sektor pertanian, daerah yang terdampak 75 hektar kebun dan 50 hektar persawahan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Rogo, Fuadhudin dalam laporannya menyatakan jumlah warga yang terdampak sebanyak 68 kepala keluarga (KK) atau 231 jiwa.

Saat ini kata dia, masyarakat di wilayahnya sangat memerlukan bantuan berupa ekskavator untuk normalisasi Sungai Pulo, logistik, popok balita dan lansia, pakaian layak pakai, dapur umum, air bersih dan lain-lain.

Adapun kerugian dari warga pada Dusun 1 dan 2 yakni lansia 37 orang, balita 12 orang, bayi 10 orang dengan rumah terdampak sebanyak 60 rumah.

Sebelum meninggalkan lokasi banjir di Desa Rogo, Wagub Rusli berpesan kepada aparat desa untuk menyalurkan bantuan yang telah diserahkan kepada mereka yang berhak dan tertimpa bencana sekaligus meminta kepada masyarakat korban banjir bersabar atas musibah yang terjadi.

Rombongan selanjutnya menuju ke Desa Walatana Kecamatan Dolo Selatan yang juga merupakan daerah terparah akibat banjir bandang.

Sebelum menuju ke pusat lokasi korban banjir terlebih dahulu wagub beserta rombongan melayat salah satu korban banjir yang meninggal dunia bernama Abdul Hamid (60).

Menurut salah satu keluarga korban, korban Abdul Hamid meninggal dunia tersapu banjir ketika berada di areal persawahan miliknya.

Dari rumah duka, Wagub Rusli bersama rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke Desa Walatana serta menyerahkan bantuan yang dipusatkan pada lokasi huntara dengan jumlah korban 26 orang KK atau 127 jumlah jiwa, sementara rumah rusak sebanyak 17 unit.

Banjir bandang melanda Desa Rogo dan Desa Walatana pada Senin (14/9/2020) malam sekira pukul 21.30 Wita akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi hingga mengakibatkan meluapnya sungai setempat dan banjir bandang. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 21 times, 1 visits today)

News Feed