oleh

Kapolda Sulteng Harap Pilkada Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19

KAPOLDA Sulawesi Tengah Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso menyampaikan sambutannya pada ramah tamah bersama para pimpinan media massa dan jurnalis di Aula Torabelo polda setempat, Selasa (15/9/2020). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso mengingatkan seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 di wilayahnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Hal tersebut dilakukan agar penyelenggaraan pilkada serentak di delapan kabupaten/kota dan provinsi di Sulteng tidak menjadi klaster baru penyebaran pandemi Covid-19.

“Sulteng masih zona hijau. Informasi yang saya baca di media 271 positif, meninggal 11 orang, mudah-mudahan ini tidak bertambah,” kata Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso pada ramah tamah bersama para pimpinan media massa dan jurnalis di Aula Torabelo polda setempat, Selasa (15/9/2020).

Dia mengatakan, pengamanan pilkada serentak tahun ini menjadi skala prirotas. Bukan hanya pengamanan situasi pelaksanaan tahapan Pilkada berjalan aman, lancar dan kondusif, tetapi juga harus aman dari penyebaran pandemi Covid-19.

“Jangan sampai pilkada membuat klaster baru berkaitan dengan dinamika penyelenggaraan pilkada, baik saat kampanye maupun pada saat pemungutan suara karena mobilitas masyarakat untuk berkumpul sehingga bagaimana diterapkan sosial distancing,” katanya.

Jenderal berpangkat dua bintang di pundaknya itu mengatakan, selain pengamanan pilkada, pihaknya juga akan menggelar Operasi Tinombala memburu 13 orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) dari kelompok sipil bersenjata di wilayah Kabupaten Poso. Operasi tersebut tentunya dibantu oleh TNI dan dukungan Mabes Polri.

“Bicara pemahaman radikalisme kita tidak bisa sendiri. Kita harus bergandengan tangan, termasuk teman-teman dari media,” ujarnya.

Disisi lain, pihaknya juga akan membantu pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam rangka pemulihan pascabencana alam 28 September 2018 melalui kerjasama beberapa pihak salah satunya perbankan di Sulteng.

“Saya mendorong upaya agar CSR itu minimal membuat wifi di huntara-huntara itu, sehingga anak-anak kita yang sekolahnya online bisa membantu. Itu adalah peran kami dari Polda Sulteng untuk daerah berkaitan dengan recovery bencana alam,” pungkas mantan Wakil Komandan Korps Brimob Polri itu.

Sebagai ucapan terima kasih, Kapolda Sulteng menyerahkan cinderamata berupa plakat Polda Sulawesi Tengah kepada pimpinan Aliansi Jurnalis Independen, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, Pewarta Foto Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia, dan pemimpin redaksi media massa di Kota Palu. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 27 times, 1 visits today)

News Feed