oleh

Polres Sigi Kerahkan 112 Personel Amankan Sidang di Bawaslu

POLRES Sigi mengerahkan sebanyak 112 personel untuk mengamankan sidang putusan sengketa pilkada di Bawaslu setempat, Ahad (13/9/2020). FOTO: POLRES SIGI

SultengTerkini.Com, SIGI– Polres Sigi mengerahkan sebanyak 112 personelnya dalam Operasi Mantap Praja dengan melakukan pengamanan pada sidang putusan Musyawarah Terbuka Penyelesaikan Sengketa Pilkada 2020 oleh pasangan bakal calon perseorangan Ilyas-Uhut di kantor Bawaslu setempat, Ahad (13/9/2020).

Agenda sidang gugatan hari ini adalah pembacaan putusan atas gugatan pasangan bakal calon Bupati Sigi Ilyas Nawawi dan Uhut Hutapea yang menolak hasil verifikasi faktual dukungan pasangan calon perseorangan pilkada tahun 2020.

Kegiatan pengamanan itu diawali dengan apel kesiapan di halaman kantor Bawaslu yang dipimpin Kabag Ops Polres Sigi, AKP Zulkifli.

Dalam arahannya, Kabag Zulkifli menjelaskan, setiap personel akan ditempatkan pada masing-masing ring yang sudah ditentukan.

“Personel kita bagi per sektor, ada sektor dalam, sektor depan dan sektor luar. Masing-masing sektor sudah kita tunjuk satu perwira sebagai pengendalinya,” katanya.

“Pengamanan maksimal kita lakukan mulai dari personel hingga kendaraan telah kita siagakan,” tuturnya.

Dia menuturkan, personelnya sudah diarahkan untuk melaksanakan tugas sesuai tupoksi, tanggung jawabnya serta standar operasional prosedur sebagai pedoman dalam melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama menjelaskan, pengamanan di kantor Bawaslu untuk memastikan sidang berjalan dengan lancar dan tertib.

“Saya berharap kepada pasangan bakal calon Ilyas Nawawi dan Uhut Hutapea serta simpatisannya kiranya dapat menerima apapun hasil putusan di Bawaslu. Namun jika dirasa keputusan ini belum mengakomodir keinginannya, masih ada aturan hukum yang bisa dilakukan kembali. Kita negara hukum, maka hukumlah sebagai panglima dalam menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi,” katanya.

Ditanya apakah ada upaya khusus yang dilakukan pihaknya dalam pengamanan sidang putusan ini, Kapolres Yoga mengatakan telah memerintahkan Kabag Ops untuk mengerahkan seluruh personel serta mengatur pelaksanaan pengamanannya sebagai upaya pencegahan dan antisipasi.

“Penggalangan melalui intel dan imbauan melalui fungsi binmas untuk tidak melakukan tindakan-tindakan melanggar hukum, sudah disampaikan kepada pasangan bakal calon dan tim pendukungnya,” tutur Kapolres Yoga.

Kapolres Yoga tak lupa mengajak semua warga di wilayahnya agar tetap menaati protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Virus Corona. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 23 times, 1 visits today)

News Feed