oleh

Dorong Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Corona, Disperindag Sulteng Gelar Chocolate and Coffee Expo 2020

PELAKSANA Harian Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Mulyono didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Richard A Djanggola meninjau stan usai pembukaan Chocolate and Coffee Expo 2020 di Atrium Palu Grand Mall, Jumat (11/9/2020). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Mulyono membuka secara resmi Chocolate and Coffee Expo 2020 di Atrium Palu Grand Mall, Jumat (11/9/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng itu berlangsung selama tiga hari mulai 11 hingga 13 September 2020.

Plh Sekprov Sulteng Mulyono menyampaikan, iven tersebut sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi, khususnya di sektor IKM cokelat dan kopi Sulawesi Tengah yang turut terpapar dampak pandemi Covid-19.

Dia pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Disperindag Sulteng beserta mitra kerjanya atas terselenggaranya kegiatan sebagai sarana strategis dalam memasarkan produk-produk IKM ke masyarakat, khususnya pengunjung Palu Grand Mall dengan tetap mempedomani protokol kesehatan.

Menurutnya, salah satu bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal pengembangan potensi kakao dan kopi di Indonesia yaitu dengan meningkatkan nilai tambahnya.

Khusus untuk kakao sendiri di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah sudah ada UPT Rumah Cokelat yang menyediakan cokelat premium yang diolah dari biji kakao fermentasi asli dari Sulawesi Tengah.

Cokelat premium ini dapat diolah menjadi berbagai diversifikasi produk olahan cokelat seperti cokelat bar, praline, minuman, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk biji kopi sendiri daerah Sulawesi Tengah juga memiliki berbagai macam aneka biji kopi dari berbagai daerah yang mempunyai kualitas tidak kalah bagus.

Dia pun mengimbau kepada para pelaku usaha yang bergerak dibidang cokelat dan kopi untuk menggunakan produk-produk lokal, sehingga nantinya produk tersebut menjadi salah satu produk unggulan Sulawesi Tengah yang berdaya saing di tingkat regional maupun global.

Terakhir dia berharap pameran tematik cokelat dan kopi expo 2020 dapat membawa warna baru atau semangat baru bagi para pelaku usaha cokelat dan kopi  dalam mengembangkan produk-produknya di masa pandemi Covid-19.

Selain itu juga dia berharap kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam mempromosikan salah satu komoditas/produk unggulannya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah.

FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

Sementara itu sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Richard A Djanggola menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu IKM cokelat dan kopi dalam mempromosikan produk-produk penjualannya, sehingga dapat bersaing secara lokal dan nasional.

Menurutnya, kegiatan pameran ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng.

“Kami berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan, sehingga upaya mengenalkan potensi produk IKM cokelat dan kopi yang berasal dari seluruh kabupaten/kota menjadi salah satu produk unggulan Sulawesi Tengah dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Adapun rangkaian acara pameran itu yakni talk show yang berasal dari dinas terkait dan pihak perbankan, workshop fotografi, aneka perlombaan dan kuis, coaching clinic kopi dan cokelat, serta live music. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 73 times, 1 visits today)

News Feed