oleh

Pasangan Bacabup Morut Periksa Kesehatan di RSUD Undata

KOMISIONER KPU Morowali Utara Divisi Teknis Penyelenggara, Demar Karyos Kaope bersama Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu setempat, Rudi Hartono, mengawal proses pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati setempat di RSUD Untada Palu, Selasa (8/9/2020). FOTO: NURLELA/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali Utara (Morut) telah menuntaskan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati setempat pada Ahad (6/9/2020).

Diketahui, hanya dua pasangan bakal calon bupati (bacabup) dan wakil bupati Morut yang dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran oleh KPU setempat. Keduanya adalah pasangan Holiliana-Abudin Halilu (Handal) dan dr Delis Julkarson Hehi-Djira K (DIA).

Saat ini dua pasangan bacabup dan wakil bupati Morut tersebut tengah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu, pada Selasa (8/9/2020).

Komisioner KPU Morut Divisi Teknis Penyelenggara, Demar Karyos Kaope mengatakan, rangkaian pemeriksaan kesehatan pasangan bacabup dan wakil bupati Morut meliputi pemeriksaan fisik, psikologi dan bebas narkoba.

Untuk standar pemeriksaan kesehatan ditentukan oleh tim dokter yang tunjuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon bupati dan wakil bapati Morowali Utara sampai tanggal 11 September,” kata Demar Karyos Kaope kepada SultengTerkini.Com saat mengawal proses pemeriksaan kesehatan di RSUD Undata Palu, Selasa (8/9/2020).

Dia menjelaskan, untuk proses pemeriksaan kesehatan jasmani dari tim dokter dimulai 8 September. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 9 September dan hari berikutnya 10 September adalah pemeriksaan psikologi oleh Himpsi.

“Hari ini khusus pemeriksaan kesehatan jasmani secara keseluruhan. Untuk hasil pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon bupati Morowali Utara akan diserahkan pada tanggal 12 September 2020,” jelasnya.

Menurut Karyos Kaope, selain pemeriksaan kesehatan, KPU Morut juga secara bertahap melakukan penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan berkas pendaftaran pasangan bakal calon.

“Untuk verifikasi berkas dua pasangan bakal calon sekarang sementara jalan. Siapa tahu ada kekurangan atau keliru itu kita sampaikan ke LO (liaison officer) masing-masing pasangan bakal calon. Verifikasi berkas itu kalau kami sampai tanggal 22 September,” ucapnya. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 37 times, 1 visits today)

News Feed