oleh

Besok, Pasangan Bakal Calon Walikota Palu Jalani Pemeriksaan Kesehatan

SUASANA pendaftaran pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Palu, Imelda Liliana Muhidin-Arena JR Parampasi di kantor KPU Jalan Balaikota Selatan, Ahad (6/9/2020). FOTO: NURLELA/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Empat pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Palu akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Anutapura pada Senin (7/9/2020) besok.

Keempat pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Palu tersebut yakni, Hidayat-Habsa Yanti Ponulele, pasangan Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido, Aristan-Muhammad Wahyuddin dan Imelda Liliana Muhidin-Arena JR Parampasi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palu, dr Husaema menyampaikan, rangkaian pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota meliputi, pemeriksaan fisik, psikologi dan bebas narkoba.

“Khusus untuk BNN mohon kepada bapak dan ibu nanti ada delapan orang yang menyaksikan kencing. Jadi betul-betul kencing asli itu diperiksa. Ini disampaikan memang supaya jangan ada yang keberatan “kenapa saya dilihat”, itu adalah protap,” kata dr Husaema di hadapan para bakal pasangan calon.

Dia menjelaskan, untuk hari pertama adalah pemeriksaan laboratorium. Seluruh pasangan bakal calon diwajibkan melakukan puasa pada Ahad malam mulai pukul 20.00 hingga besok setelah seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan laboratorium selesai.

“Itu khususnya untuk lab untuk hari pertama. Puasa mulai jam 8 malam sampai besok selesai pemeriksaan urine, dan USG dan pemeriksaan darah. Selama puasa pasangan bakal calon hanya boleh minum air putih,” jelasnya.

Dia mengatakan, IDI telah menyiapkan 12 tenaga ahli. Pemeriksaan kesehatan jasmani dimulai 7 hingga 9 September.

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan psikologi oleh Himpsi pada 10 September 2020.

“Jadi tanggal 7, 8, 9 itu sudah termasuk BNN. Tanggal 10 pemeriksaan priskologi. Tanggal 11 pleno hasil pemeriksaan. InsyaAllah tanggal 12 hasil pemeriksaan kesehatan kami serahkan ke KPU,” ucapnya.

Pihaknya menjamin, dalam proses tahapan pemeriksaan kesehatan, semua bakal pasangan calon akan mendapatkan pelayanan dan pemeriksaan yang sama. Tidak ada perbedaan antara calon satu dan lain.

“Kita perlakukan sama, tidak ada perbedaan antara pasangan ini dan itu. Saya berharap bapak ibu untuk menjaga kesehatan selama beberapa hari ini,” ujarnya. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 31 times, 1 visits today)

News Feed