oleh

Sulteng Peringkat Ketiga Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Indonesia

GUBERNUR Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengikuti rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, menteri Kabinet Indonesia Maju dan seluruh Gubernur se Indonesia secara virtual, Selasa (1/9/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola mengikuti rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, menteri Kabinet Indonesia Maju dan seluruh gubernur se Indonesia secara virtual, Selasa (1/9/2020).

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki didampingi Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Elim Somba, Pelaksana Harian Kadis Kesehatan dr Jumriani, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bartholomeus Tandigala.

Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya mengatakan, rapat ini tujuannya menyamakan persepsi dan langkah untuk melaksanakan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Presiden Joko Widodo meminta agar gubernur dapat memperhatihan setiap perkembangan angka-angka perkembangan Corona, baik penambahan penularan virus, tingkat kesembuhan dan juga kematian yang disebabkan Covid-19.

Karena saat ini muncul tren terbaru peningkatan kasus baru di negara negara Eropa, sehingga butuh keseriusan bersama didalam penanggulangan Covid-19, kondisi saat ini posisi Indonesia masih dalam posisi terkendali.

Presiden mengharapkan gubernur dapat mengambil langkah strategis dalam pengendalian Covid dan ekonomi di daerah, tren menuju kenaikan ekonomi nasional membaik.

“Selain itu penerimaan pajak juga sudah mulai naik, konsumsi rumah tangga sudah mulai naik, demikian juga konsumsi domestik, ekspor kita juga sudah mulai naik,” katanya.

Presiden juga mengharapkan agar gubernur dapat terus meningkatkan disiplin masyarakat dalam hal pemakaian masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Presiden juga meminta gubernur dalam meningkatkan gairah perekonomian daerah melalui percepatan belanja APBD.

“Saya setiap hari melihat realisasi keuangan daerah. Saya meminta agar belanja barang dan jasa segera terealisasi,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi tertinggi saat ini adalah Provinsi Papua, menyusul Papua Barat, dan ketiga Sulawesi Tengah.

Selanjutnya terendah adalah Provinsi Bali dan DKI Jakarta.

Presiden mengharapkan pertumbuhan ekonomi daerah harus menjadi perhatian agar terhindar dari resesi ekonomi.

Selanjutnya Presiden RI mendengarkan laporan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi yang dilakukan gubernur di daerah. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 30 times, 1 visits today)

News Feed