oleh

Lima Makanan Pereda Demam dan Batuk

BATUK dan demam bisa diatasi dengan makanan yang tepat (Foto: iStock)

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Keluhan sehari-hari seperti demam dan batuk tidak selalu harus diatasi dengan obat. Makan makanan bergizi dan menyegarkan kadang-kadang cukup ampuh untuk meredakannya.

Ada berbagai penyebab demam dan batuk. Mulai dari cuaca yang tidak menentu, hingga daya tahan tubuh yang menurun sehingga mudah terserang infeksi.

Berikut makanan yang memiliki khasiat untuk membantu melawan batuk dan demam, dikutip dari Healthline:

1. Sup ayam

Sup ayam telah direkomendasikan sebagai obat untuk menyembuhkan flu biasa. Hal ini dikarenakan sup ayam mengandung vitamin, mineral, kalori, dan protein. Tak hanya itu, saat demam tubuh membutuhkan lebih banyak cairan, sehingga kuah yang terdapat dalam sup ayam sangat berkontribusi untuk menambah cairan tubuh.

Terlebih lagi, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sup ayam sangat efektif dalam membersihkan lendir hidung. Sebab, uap panas dari sup ayam mengandung dekongestan alami (kandungan pereda hidung tersumbat).

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Bawang putih juga dipercaya dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih lebih jarang mengalami sakit, bahkan kondisi tubuh mereka menjadi lebih baik ketimbang orang yang tidak pernah mengkonsumsinya.

3. Air kelapa

Air kelapa menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi sangat penting terutama saat kamu mengalami demam, banyak keringat, muntah, dan diare. Air kelapa juga mengandung glukosa dan elektrolit yang sangat dibutuhkan untuk rehidrasi.

4. Teh panas

Sama seperti sup ayam, teh panas mengandung dekongestan alami untuk membantu membersihkan lendir. Selain itu, teh juga mengandung polifenol, yaitu zat alami yang ditemukan pada tumbuhan dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh saat sakit. Sayuran hijau juga memiliki antioksidan dan anti bakteri untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Kamu juga bisa memadukan sayuran hijau dengan telur, sehingga kaya akan nutrisi dan protein.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 16 times, 1 visits today)

News Feed