oleh

Tujuh Buah dan Jus Penurun Darah Tinggi yang Perlu Diketahui

Foto: Getty Images/iStockphoto/by sonmez/7 Buah dan Jus Penurun Darah Tinggi yang Perlu Diketahui

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Darah tinggi dapat disebabkan beberapa faktor seperti kebiasaan makanan yang tidak sehat, jam kerja panjang, dan stres.

Hipertensi pada tahap awal, tidak menimbulkan ancaman serius. Namun, jika tidak ditangani tepat waktu, dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Pasien tekanan darah tinggi disarankan untuk mengikuti diet sehat dan memasukkan makanan yang dapat mengatasi hipertensi.

Dikutip dari Food NDTV, dokter menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dengan kalium dan menghindari makanan dengan kandungan natrium tinggi.

Menurut penelitian beberapa jenis buah-buahan dapat mengatasi hipertensi. Buah-buahan ini dapat pula disajikan dengan cara dibuat dalam bentuk jus.

Berikut buah penurun darah tinggi dilansir Medicalnewstoday:

1. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium dan mineral yang berperan penting dalam mengatasi hipertensi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potasium.

Kalium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Orang dewasa harus mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium setiap hari.

2. Kiwi

Satu porsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah menurut hasil sebuah penelitian. Para peneliti membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah agak tinggi.

Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama delapan minggu secara signifikan menurunkan tekanan darah, dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama. Zat bioaktif dalam buah kiwi disebut dapat menyebabkan menurunkan darah tinggi.

Kiwi juga kaya vitamin C, yang secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengonsumsi sekitar 500 mg vitamin setiap hari selama sekitar delapan minggu.

3. Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi.

Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan prehipertensi atau hipertensi ringan yang mengonsumsi ekstrak semangka menunjukkan penurunan tekanan darah di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

Lalu bagaimana dengan jus? Dilansir Food NDTV, berikut Jus Penurun Darah Tinggi:

4. Jus Delima

Jus penurun darah tinggi yakni delima. Jus delima (anar) mengandung vitamin dan potasium penting yang membantu melancarkan sirkulasi darah. Jus buah delima juga dikenal untuk melawan dan menghilangkan ACE (angiotensin converting enzyme) – enzim yang memperkuat pembuluh darah yang mengarah pada peningkatan tekanan darah. Delima juga bisa dimakan langsung tanpa dijus dan baik untuk menurunkan darah tinggi.

5. Jus Cranberry

Cranberry adalah buah padat nutrisi terutama kandungan Vitamin C yang tinggi. Jus cranberry rendah kalori dan membantu melebarkan pembuluh darah, serta melancarkan sirkulasi darah. Hal inilah yang membuat jus cranberry bagus untuk mengatasi darah tinggi.

6. Jus Jeruk

Jus penurun darah tinggi berikutnya yakni jeruk. Buah menyegarkan ini kaya vitamin C. Jeruk juga mengandung kalium, folat, dan bioflavonoid yang membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap rendah, meningkatkan metabolisme, dan membantu menjaga kesehatan jantung yang sehat.

7. Jus Bit

Dilansir Medicalnewstoday, minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam jangka pendek dan panjang.

Pada 2015, peneliti melaporkan bahwa meminum jus bit merah menyebabkan penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi yang meminum 250 mililiter atau sekitar satu cangkir jus bit setiap hari selama empat pekan.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 15 times, 1 visits today)

News Feed