oleh

Berikut Empat Kebiasaan yang Sebabkan Batu Ginjal, Jangan Diremehkan

Ilustrasi Ginjal/ Foto: Pixabay.com

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Penyakit batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan. Nefrolitiasis atau penyakit batu ginjal adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal.

Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh). Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal.

Seiring waktu, materi tersebut semakin keras dan menyerupai bentuk batu. Ini empat kebiasaan yang bisa memicu terjadinya batu ginjal!

1. Konsumsi makanan dengan garam berlebih

Salah satu penyebab batu ginjal adalah terlalu sering konsumsi makanan dengan garam berlebih. Orang yang sering mengonsumsi makanan tinggi garam atau sodium dapat berisiko menyebabkan batu ginjal. Sodium yang tinggi dan dapat memicu terbentuknya endapan pada ginjal, yang kemudian menyebabkan terjadinya penyakit batu ginjal.

Selain itu, beberapa makanan kemasan seperti mie instan, kecap, sosis, nugget, ham dan makanan kaleng ternyata juga tinggi akan sodium. Jadi sebaiknya, kamu mulai mengurangi beberapa makanan tersebut.

2. Kurang minum air mineral

Selanjutnya penyebab penyakit batu ginjal yang seringkali diabaikan yaitu kurang minum air mineral. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, kita perlu untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya. Kurangnya cairan dalam tubuh akan menyebabkan mineral mudah mengkristal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka disarankan untuk meminum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari.

Senyawa sitrat dalam buah jeruk atau lemon juga dapat mencegah pembentukan kristal, karenanya sesekali, jika dibutuhkan kamu bisa mengganti segelas air mineral dengan air perasan jeruk atau lemon.

3. Konsumsi terlalu banyak senyawa oksalat

Ada berbagai jenis penyakit batu ginjal yang biasa ditemukan dalam tubuh manusia. Salah satu yang paling sering ditemui adalah padatan campuran kalsium dan oksalat yang menyatu ketika ginjal memproduksi air seni.

Penyebab batu ginjal jenis ini adalah dari kebiasaan mengonsumsi senyawa oksalat yang berlebih. Makanan-makanan yang tinggi oksalat, antara lain seperti bayam, buah bit, belimbing, kacang-kacangan dan sebagainya. Namun, mengonsumsi makanan tinggi oksalat bersama dengan makanan tinggi kalsium dapat membantu tubuh memproses oksalat dan mengikatnya bersama kalsium sehingga bisa lebih aman dicerna.

4. Terlalu banyak protein hewani

Meskipun rasanya nikmat, namun makanan-makanan yang tinggi protein hewaninya, seperti daging merah dan kerang dapat menjadi pemicu dan penyebab penyakit batu ginjal. Umumnya makanan yang terlalu tinggi protein hewani mampu meningkatkan asam urat, menurunkan kandungan sitrat, serta menambah kadar keasaman pada air seni.

Peningkatan asam urat tidak hanya dapat mengakibatkan gangguan asam urat di persendian, tetapi juga menyebabkan batu ginjal. Jadi penting diperhatikan, ya!

(sumber: beautynesia.id)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 36 times, 1 visits today)

News Feed