oleh

Wagub Sulteng: Kenyang Tidak Harus dengan Makan Nasi

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi membawakan sambutan dalam kegiatan pencanangan Gerakan Diversifikasi Ekspose UMKM Pangan Lokal dan Buah Nusantara Tahun 2020 secara serentak pada Rabu (19/8/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Indonesia memiliki berbagai sumber karbohidrat selain nasi/beras yang bisa dikonsumsi seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar dan sagu sebagai makanan pokok sehari-hari.

Berangkat dari itu, Kementerian Pertanian mencanangkan Gerakan Diversifikasi Ekspose UMKM Pangan Lokal dan Buah Nusantara Tahun 2020 secara serentak pada Rabu (19/8/2020) yang ditayangkan virtual ke seluruh daerah.

Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Wakil Gubernur (Wagub) Rusli Dg Palabbi yang ikut bergabung secara virtual berharap gerakan dapat mempromosikan sumber karbohidrat berbasis pangan lokal.

Wagub yakin di balik konsumsi pangan lokal beragam, terdapat asupan gizi yang cukup guna meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

Kemudian agar usaha pangan lokal lebih berkembang, dia minta organisasi perangkat daerah terus memberi pendampingan intensif ke pelaku usaha pangan lokal dan buah di Sulteng.

Dia juga mengimbau supaya mengonsumsi pangan lokal minimal satu hari dalam sepekan.

Termasuk mengharap partisipasi asosiasi perhotelan menyajikan menu pangan lokal di setiap hotel.

“Semoga kita semua sehat bahagia dengan pangan lokal karena kenyang tidak harus dengan makan nasi,” tutur Wagub Rusli saat mengikuti kegiatan di Kantor Dinas Pangan Sulteng.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada saat itu menyatakan pertanian adalah solusi yang pasti dari dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Tidak ada orang di dunia yang tidak butuh makan dan tidak butuh pertanian,” tutur mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu.

Olehnya, dia mendorong masyarakat melakukan pertanian di rumah masing-masing.

“Pertanian ada di depan mata kita. Ada tanah, ada matahari, ada air, pasti pertanian bisa dilakukan,” dorongnya.

Pencanangan gerakan ditandai penandatanganan MoU Lumbung Pangan Masyarakat antara Badan Ketahanan Pangan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Di Sulteng sendiri, Dinas Pangan selaku panitia acara turut melaksanakan pameran UMKM pangan lokal dan buah, sarapan sehat pangan lokal dan talkshow.

Tampak menghadiri acara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bunga Elim Somba, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Trie Iriany Lamakampali, Kepala BI Perwakilan Sulteng, Akademisi Muh Nur Sangadji, dan pejabat terkait. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 80 times, 1 visits today)

News Feed