oleh

Dua Perajin Tenun di Donggala Terima Penghargaan di Hari Kemerdekaan RI

DUA perajin tenun di Kabupaten Donggala menerima penghargaan di Hari Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2020). FOTO: ASOSIASI TENUN DONGGALA

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Asosiasi Tenun Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah memberikan penghargaan kepada dua perajin tenun di wilayahnya.

Ketua Asosiasi Tenun Donggala, Imam Basuki mengatakan, penghargaan itu diberikan oleh Bupati Donggala Kasman Lassa di Ruang Kasiromu lewat momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75 tahun hari ini.

“Dua perajin itu adalah yang tertua bernama Sahra (75) dan termuda Sri Wahyuni (26), berasal dari Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah,” katanya kepada SultengTerkini per telepon genggamnya, Senin (17/8/2020).

Dia mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada dua perajin itu dalam bentuk bahan baku untuk memotivasi pelestarian tenun Donggala.

Imam Basuki berharap pemberian penghargaan kepada perajin tenun termuda itu tidak malu untuk berusaha tenun dan juga bisa menciptakan generasi tenun berikutnya.

Sementara bagi perajin tertua juga diberikan apresiasi karena konsistensinya dengan pekerjaanya menenun dan mau menularkan ilmu menenunnya ke anak-anak yang putus sekolah dan masih menganggur.

“Bagi mereka menenun hanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, tapi bagi kami asosiasi dan pemerintah tentunya lebih dari sekadar perajin sejahtera tapi kelestarian budaya ini yang sangat penting dijaga,” tuturnya.

Menurutnya, pemberian penghargaan kepada perajin tenun ini baru pertama kali diadakan dan itu usulan dari Asosiasi Tenun Donggala.

“Kami mengharapkan kegiatan ini bisa diagendakan tiap tahunnya,” katanya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 123 times, 1 visits today)

News Feed