oleh

Walikota Hidayat Lantik Pengurus Majelis Adat Kecamatan se Kota Palu

WALI KOTA Palu, Hidayat secara resmi melantik dan mengukuhkan pengurus Majelis Adat Kecamatan se Kota Palu di Atrium Milenium Waterpark, Jumat (14/8/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Wali Kota Palu, Hidayat secara resmi melantik dan mengukuhkan pengurus Majelis Adat Kecamatan se Kota Palu di Atrium Milenium Waterpark, Jumat (14/8/2020).

Dalam arahannya, Walikota Hidayat menyampaikan selamat kepada para pengurus majelis adat dari delapan kecamatan se Kota Palu yang telah dilantik.

Menurutnya, lembaga adat di Kota Palu sudah diperkuat oleh Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Lembaga Adat Kaili yang sudah melalui perjalanan panjang dari segi pengkajian dan analisa sejak Walikota Hidayat menjabat Kepala Balitbangda Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2012 silam.

“Kurang lebih tiga tahun kita kaji. Alhamdulillah tahun 2016 kita ajukan ke dewan, dan disetujui perda tersebut, sehingga itulah yang menjadi dasar hukum lembaga adat,” ujarnya.

Walikota mengatakan, adat sering dipelesetkan yang dikaitkan dengan ritual-ritual.

Padahal kata dia, adat adalah aturan yang mengatur tatanan kehidupan manusia baik hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan alam.

“Ada tiga aturan yang mengatur hubungan manusia dengan manusia yaitu ucapannya, perilakunya, dan perbuatannya, serta satu aturan yang mengatur hubungan manusia dengan alam,” ungkapnya.

Walikota mengatakan, masyarakat Kaili pada dasarnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan, yang merupakan intisari dari nilai-nilai terkandung dalam Pancasila.

Ketiga nilai itu katanya, mulai hilang sehingga Pemerintah Kota Palu di bawah masa kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota, Sigit Purnomo Said ingin mewujudkan kembali nilai-nilai tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Hidayat juga mengatakan tahun depan pinggiran sungai kota Palu akan dibangunkan jalan, baik sebelah kanan maupun sebelah kiri dan tahun depan pula, Kecamatan Tawaeli dan Palu Utara akan dibangunkan agrowisata. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 12 times, 1 visits today)

News Feed