oleh

KPU Palu Upayakan Bangun TPS di Huntap

KETUA KPU Kota Palu, Agussalim Wahid. FOTO: NURLELA/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu akan mengupayakan membangun Tempat Pemungutan Suara (TPS) di hunian tetap (huntap) Tondo pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2020.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid mengatakan, sebagian besar warga huntap untuk sementara belum mau mengubah Administrasi kependudukan (adminduk) sesuai alamat dimana mereka menetap.

Alasannya, masih ada hak-hak berupa bantuan yang harus mereka terima sebagai korban bencana alam yang terjadi tahun 2018 silam.

“Warga yang tidak di huntap untuk sementara belum mau mengubah alamat KTP mereka karena masih ada hak yang harus mereka terima. Kalau mereka mengubah adminduk akan kehilangan jejaknya,” kata Agussalim Wahid kepada jurnalis SultengTerkini.Com, Jumat (7/8/2020).

Selain itu kata Agussalim Wahid, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu belum bisa menerbitkan KTP baru bagi warga huntap.

Karena kawasan huntap belum memiliki nama jalan serta batas adminstrasi rukun tetangga/rukun warga (RT/RW).

“Kalau di KTP harus lengkap mulai nama jalan, RT berapa RW berapa, ini alasan dari dukcapil. Semoga dalam waktu dekat KPU RI memberikan solusi semacam regulasi untuk menempatkan TPS di huntap,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk sementara warga huntap yang memenuhi syarat sebagai wajib pilih tetap didata berdasarkan alamat yang tertera di KTP.

Hal ini untuk melindungi hak pilih mereka sebagai warga Kota Palu.

“Jadi untuk sementara kita data berdasarkan daerah asalnya. Mereka ini kan warga Kota Palu. KPU Kota Palu wajib melindungi hak pilih saudara-saudara kita yang ada di huntap. Jadi kita upayakan ada TPS di huntap,” pungkasnya. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 38 times, 1 visits today)

News Feed