oleh

KPU Sigi Tidak Hadiri Sidang Sengketa Bakal Calon Bupati

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sigi, Dewi Tisnawaty

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak Bawaslu Kabupaten Sigi di Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar musyawarah tertutup penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 di kantornya, Kamis (6/8/2020).

Musyawarah atau sidang sengketa tersebut perihal gugatan dari pasangan bakal calon dari jalur perseorangan Ilyas Nawawi-Uhut Hutapea terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi sebagai termohon.

Sayangnya pihak termohon tidak menghadiri musyawarah tertutup tersebut. Tidak diketahui apa alasan pihak termohon tidak menghadiri musyawarah yang dimediasi bawaslu setempat.

“Musyawarah tertutup hari ini tidak dihadiri oleh termohon KPU Kabupaten Sigi,” kata Dewi Tisnawaty, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sigi saat dihubungi SultengTerkini.Com melalui telepon genggamnya, Kamis.

Dia mengatakan, meskipun tidak dihadiri oleh pihak termohon, musyarawah tertutup tetap dilaksanakan. Musyawarah dengan agenda meminta keterangan termohon tersebut hanya dihadiri pihak pemohon yang diwakili bakal calon wakil bupati Uhut Hutapea.

“Yang hadir hanya pemohon yang diwakili oleh Uhut Hutapea. Musyawarah tertutup pertama tetap dilaksanakan dan dilanjutkan ke musyawarah tertutup kedua besok,” katanya.

Dia menjelaskan, jika pihak termohon tetap bersikukuh tidak mau menghadiri musyawarah tertutup kedua, maka Bawaslu Sigi akan melanjutkan proses sengketa tersebut ke musyawarah terbuka.

“Jika termohon tidak hadir dua kali berturut-turut maka akan dilanjutkan dalam proses musyawarah terbuka,” jelasnya.

Untuk diketahui, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Sigi dari jalur perseorangan Ilyas Nawawi-Uhud Hutapea mengajukan sengketa terhadap keputusan KPU setempat.

Pengajuan sengketa pasangan Ilyas Nawawi-Uhud Hutapea telah memenuhi syarat formil dan materil, dan telah diregistrasi pada Selasa (4/8/2020) di bawaslu setempat.

Menurut penggugat, jajaran KPU setempat dinilai tidak bekerja secara profesinal. Ada pelanggaran prosedural yang dilakukan jajaran KPU Sigi pada pelaksanaan tahapan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 79 times, 1 visits today)

News Feed