oleh

Pemprov Sulteng Dorong Bawang Putih Sebagai Komoditas Unggulan Sigi

SEKRETARIS Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate saat panen perdana bawang putih di Desa Dombu, Marawola Barat, Selasa (4/8/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, SIGI– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) mendorong kelompok petani di Desa Dombu, Kecamatan Marawola Barat dan Kabupaten Sigi pada umumnya menjadikan bawang putih sebagai komoditas unggulan baru.

“Sehingga daerah ini dapat menjadi salah satu sentra produksi bawang putih di Indonesia selain Nusa Tenggara Barat (NTB),” kata Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, Hidayat Lamakarate saat menghadiri panen perdana bawang putih di Desa Dombu, Marawola Barat, Selasa (4/8/2020).

Dia mengatakan, hampir 90 persen bawang putih di Indonesia diimpor.

Sekprov berharap dengan panen perdana ini, bawang putih bisa dikembangkan menjadi komoditi unggulan Desa Dombu dan di beberapa wilayah di Kabupaten Sigi, sehingga tidak kesulitan stok bawang putih dan bisa menekan impor.

Selain itu kata dia, bawang putih nantinya bisa menjadi komoditas unggulan baru sehingga daerah menjadi salah satu sentra produksi bawang putih di Indonesia.

Karena kata dia, jika dilihat hasil panen tadi bawang putih disini cukup berkualitas dan bisa dikembangkan.

Sekprov juga mendorong agar nantinya para kelompok tani di wilayah tersebut seiring berjalannya waktu bisa mandiri dalam mengelola pertanian walaupun tanpa pendampingan penyuluh pertanian dan bantuan stimulus pemerintah lagi.

Karena menurutnya, saat ini kelompok tani masih diberikan stimulus berupa bibit dan pupuk.

Dengan nantinya petani bisa mandiri dan mengembangkan pertanian bawang disini, maka Pemerintah Kabupaten Sigi harus menetapkan kawasan ini sebagai kawasan pengembangan bawang putih.

Selain pertanian, menurut Sekprov Hidayat, wilayah Kecamatan Marawola Barat juga memiliki potensi wisata alam yang sangat menjanjikan seperti lokasi paralayang Matantimali yang sudah dikenal beberapa negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Sigi, Mulyadi Hoase mengatakan, bantuan proyek program pengembangan bawang putih ini merupakan sinergi Dinas TPH Sulteng dan Sigi.

Total program pengembangan bawang putih di Kabupaten Sigi ialah 100 hektare dalam bentuk benih meliputi Kecamatan Marawola Barat Desa Lewara, Dombu, dan Soi.

Usai panen bawang putih, Sekprov Hidayat yang didampingi Kadis TPH Sigi beserta rombongan lalu meninjau lokasi pengembangan produk kopi Dombu. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 30 times, 1 visits today)

News Feed