oleh

Bupati Touna Turun Menanam Padi di Sawah

BUPATI Tojo Una-Una Mohammad Lahay saat melakukan penanaman padi. FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, TOUNA– Bupati Tojo Una-Una (Touna) Mohammad Lahay turun langsung menanam padi sawah sebagai bentuk realisasi dari program gerakan tanam padi sawah yang digelar di Desa Kabalo, Kecamatan Tojo Barat, Selasa (4/8/2020).

Bupati tak hanya terjun langsung melakukan penanaman padi sawah, melainkan membagikan beberapa bantuan kepada para petani setempat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Touna Mohammad Lahay mengatakan, pembangunan dimulai dari desa dengan prioritas pada pertanian menjadi jalan sekaligus solusi untuk menyejahterakan masyarakat termasuk membuat swasembada pangan.

“Jadi kenyataan, Kabupaten Tojo Una-Una secara ekonomi mempunyai sektor unggulan berupa sektor pertanian perkebunan peternakan dari keunggulan sektor-sektor tersebut, maka percepatan pengembangan wilayah kabupaten Tojo Una-Una diarahkan melalui pengembangan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing berbasis kerakyatan berkelanjutan dan terpusat,” katanya.

Meski demikian kata dia, dengan kompleksitas permasalahan dan kebutuhan pembangunan di daerah ini capaian program dan kegiatan pembangunan yang telah difasilitasi oleh pemerintah daerah pada dasarnya belumlah maksimal,

Karena menurutnya, keterbatasan sumber daya manusia, pendanaan, keterbatasan personel dilapangan, langkahnya benih, terbatasnya Alsintan dan masih terbatasnya pembangunan pengairan untuk lahan sawah merupakan kendala utama Kabupaten Touna saat ini.

Oleh karenanya dia berharap bahwa keberhasilan pembangunan pertanian Kabupaten Tojo Una-Una tentunya tidak hanya tanggung jawab Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sendiri, namun harus didukung instansi terkait seperti irigasi dan jaringannya oleh Dinas Pekerjaan Umum, pemasaran Dinas Perindag, permodalan dari lembaga keuangan serta sarana dan prasarana lainnya dapat difasilitasi oleh pemerintah. SAF

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar

1 komentar

Comments are closed.

News Feed