oleh

Warga Demo Bupati Donggala Tuntut Lantik Delapan Kades Terpilih

WARGA Kabupaten Donggala yang tergabung dalam Front Rakyat Menggugat melakukan aksi demo di kantor DPRD setempat menuntut Bupati Kasman Lassa melantik delapan kepala desa terpilih, Senin (27/7/2020). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Sejumlah warga Kabupaten Donggala yang tergabung dalam Front Rakyat Menggugat melakukan aksi demo di kantor DPRD setempat menuntut Bupati Kasman Lassa melantik delapan kepala desa (kades) terpilih, Senin (27/7/2020).

Aksi tersebut disertai pemberian baju daster dan pakaian dalam wanita kepada Ketua Fraksi Nasdem, Moh Taufik sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terhadap mantan aktivis pro demokrasi itu yang dinilai sudah banci terhadap kepentingan rakyat.

Ketua Serikat Tani Sulteng, Ardan selaku koordinator lapangan aksi mengatakan, tidak ada alasan bagi Pemerintah Kabupaten Donggala yang dipimpin Kasman Lassa untuk tidak melantik delapan kades terpilih periode 2019-2024.

Hal tersebut kata Ardan, sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 20215 dan Permendagri Nomor 65 tahun 20217, yang mengamanatkan bahwa kepala daerah wajib melantik kades terpilih paling lambat 30 hari sejak diterimanya laporan BPD.

Ketua DPRD Donggala, Takwin saat menerima perwakilan aksi menyampaikan bahwa DPRD Donggala telah mengeluarkan rekomendasi untuk melantik delapan kades terpilih, termasuk kades terpilih Desa Marana.

Hal senada disampaikan Ketua Fraksi PKB, Taufik Burhan. Pihaknya menyampaikan, sudah menjadi menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk melantik kades terpilih paling lambat 30 hari setelah menerima laporan dari panitia pilihan desa.

Sementara itu, Ketua Fraksi Nasdem, Moh Taufik mengatakan, jika pemda setempat tetap bertahan tidak mau melantik kades terpilih Desa Marana, maka pihaknya akan mengusulkan hak angket.

Hal itu disepakati oleh sejumlah fraksi lainnya, jika dalam 1×24 jam tidak ada kejelasan pelantikan kades terpilih Desa Marana.

Sementara perwakilan pemda yang hadir menerima aksi unjuk rasa tersebut menyatakan akan mengomunikasikan dengan Bupati Donggala Kasman Lassa. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 121 times, 1 visits today)

News Feed