oleh

Gubernur Sulteng Tinjau Sejumlah Daerah Terdampak Banjir di Poso

GUBERNUR Sulawesi Tengah Longki Djanggola meninjau daerah terdampak banjir di Kabupaten Poso, Jumat (24/7/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, POSO– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bartholomeus Tandigala, Kepala Dinas Cipta Karya dan SDA Abdul Razak, dan organisasi perangkat daerah (OPD) teknis meninjau daerah terdampak banjir di Kabupaten Poso, Jumat (24/7/2020).

Sebelum melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat, Poso, Gubernur Longki Djanggola yang juga didampingi Bupati Poso Darmin Sagilipu dan Kepala Biro Humas dan Protokol, Haris Kariming itu terlebih dahulu melakukan kunjungan di beberapa titik bencana diantaranya pertemuan Sungai Lariang dan Sungai Malei yang merusak ruas jalan Desa Gintu dan Desa Lengkeka.

Pada kesempatan itu, gubernur meminta kepada semua OPD terkait agar terpadu menangani pengendalian sungai tersebut.

“Saya minta supaya pihak BWS (Balai Wilayah Sungai) dapat bertemu saya membicarakan hal ini. Saya tidak mau karena sungai tidak terkendalikan setiap tahun, jalan ini harus kita kerja,” katanya.

Gubernur juga meninjau hulu sungai Halu Banua yang menyebabkan banjir bandang di Desa Lengkeka.

Selain itu juga meninjau Intake SPAM untuk sumber air bersih untuk Desa Lengkeka.

Dia meminta agar sungai itu segera dikendalikan kalau tidak pasti akan tetap membuat dampak banjir dan merusak intake SPAM yang ada.

Gubernur dan rombongan juga meninjau SPAM Desa Tuare yang sebelumnya rusak akibat bencana.

Longki mengapresiasi bahwa pembangunan kembali SPAM sudah dilakukan perbaikan.

Di akhir kunjungan di Lembah Bada, gubernur dan rombongan melakukan pertemuan dengan masyarakat Lengkeka yang sebelumnya disambut secara adat oleh tokoh adat setempat.

Sementara itu, Bupati Poso Darmin Sagilipu menyampaikan sambutan ucapan selamat datang kepada gubernur dan rombongan.

Bupati menyampaikan terima kasih atas perhatian gubernur yang datang langsung melihat masyarakat Lembah Bada terdampak bencana.

Dia mengatakan, Gubernur Longki secara langsung memberikan petunjuk dan arahan di dalam pemulihan dampak bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Poso, sehingga kunjungannya sangat memberikan dampak yang besar kepada masyarakat.

Bupati Poso juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur bersama Tim Pengendalian Penyakit Sistomiosis.

“Kalau dulu sumber penyakit Sisto di Lore Barat ini ada 23 titik, sekarang sisa tiga titik dan semoga tahun 2025 penyakit Sisto sudah zero di Lembah Bada dan Napu,” kata Bupati Darmin.

Gubernur menyampaikan bahwa dirinya bersama rombongan datang ke daerah-daerah untuk melihat secara langsung dampak bencana dan penanganannya.

“Kemarin saya dan rombongan sudah meninjau bencana yang terjadi di Desa Olaya dan Boyantongo. Saat ini saya berkesempatan meninjau beberapa titik dampak bencana di lembah Bada, Kecamatan Lore Barat,” ujar Longki Djanggola.

Gubernur juga menyampaikan belasungkawa dan turut berduka atas musibah yang terjadi dan menyebabkan seorang ibu menjadi koban.

“Saya menyampaikan permohonan maaf kalau kunjungan saya agak lambat, tetapi pada waktu kejadian saya langsung perintahkan perangkat pemerintah provinsi langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan,” ujarnya.

Dia meminta dukungan masyarakat agar terus memelihara hutan lindung dan bahkan dirinya mendengar masyarakat setempat patuh terhadap aturan karena tidak merusak hutan taman nasional.

“Kita jaga keberadaan hutan ini dan terima kasih atas kepatuhan kita,” tuturnya.

Gubernur juga tak lupa menyampaikan agar masyarakat terus dapat menerapkan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19 seperti terus memakai masker, selalu menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 21 times, 1 visits today)

News Feed