oleh

Anggaran KPU Sulteng untuk Pilkada 2020 Cair 100 Persen

KETUA Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming. FOTO: NURLELA/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng), Tanwir Lamaming mengatakan, anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang sudah cair 100 persen.

“Kemarin saya sudah diminta untuk tandatangan pencairan 100 persen. Mungkin hari ini sudah masuk ke rekening KPU,” kata Tanwir Lamaming saat ditemui SultengTerkini.Com saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) KPU Sulteng untuk pilkada serentak tahun ini sebesar Rp 158.178.000.000.

Untuk tahap pertama sudah dicairkan sebesar 40 persen atau sekitar Rp 60 miliar.

“Pemda sendiri yang minta untuk mencairkannya. Untuk sekarang kalau mereka belum mampu cairkan semuanya juga tidak masalah karena sekarang ini kita masih ada dana dari pencairan pertama sebesar 40 persen,” ucapnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri, proses pencairan anggaran pilkada serentak tahun ini sebanyak dua kali dan harus selesai pada Agustus 2020 mendatang.

“Tapi rupanya belum sampai Agustus mereka sudah minta pencairan,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan Pilkada di tujuh kabupaten dan satu kota kata Tanwir Lamaming, proses pencairan anggarannya juga sudah dalam tahap pencairan 100 persen.

“Setelah Mendagri datang, rata-rata kabupaten juga sudah sementara berjalan untuk pencairan 100 persen,” ucapnya.

Menurut mantan KPU Morowali Utara itu, pelaksanaan tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih yang dilakukan oleh PPDP terus berjalan.

Menurutnya, tidak ada kendala dalam proses tersebut, semua berjalan sesuai tahapan.

“Sekarang ini tahapan coklit masuk pada hari ke 10. Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. Cuaca juga makin baik, target kita coklit itu sampai 13 Agustus, saya kira coklit bisa selesai sebelum itu,” ujarnya. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 32 times, 1 visits today)

News Feed