oleh

Operasi Patuh Tinombala Dimulai Hari Ini, Berikut Tujuh Sasaran Prioritasnya

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Polisi Kingkin Winisuda. FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Polda Sulawesi Tengah menggelar Operasi Patuh Tinombala yang berlangsung mulai Kamis (23/7/2020) hari ini hingga 5 Agustus 2020 mendatang.

“Operasinya sudah dimulai hari ini, berlangsung selama 14 hari,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Kombes Polisi Kingkin Winisuda saat ditemui jurnalis SultengTerkini.Com di ruang kerjanya, Kamis (23/7/2020).

Kingkin menjelaskan, dalam Operasi Patuh Tinombala persentase penindakan atau represif itu ada 20 persen, kemudian 40 persen preemtif dan 40 persen preventif.

Dia mengatakan, Operasi Patuh tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, tidak ada razia di jalan atau stasioner dalam Operasi Patuh tahun ini seperti dengan memasang plang, tetapi dilaksanakan menggunakan sistem hunting.

Sebab pihaknya mengedepankan upaya persuasif dan humanis kepada pengendara dalam Operasi Patuh tersebut.

Selain untuk disiplin berlalu lintas, pengendara di jalan juga diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker jika keluar rumah.

“Kalau kedapatan berkendara tidak menggunakan masker tentu ditegur, dan kalau tidak mengenakan helm tentu ditindak, karena itu masuk dalam tujuh sasaran prioritas penindakan,” tegas Kingkin.

Kingkin mengungkapkan, tujuh sasaran prioritas untuk penindakan dalam Operasi Patuh tahun ini adalah tidak mengenakan helm dan sabuk keselamatan.

Kemudian melawan arus, menggunakan telepon genggam saat berkendara, pengendara di bawah umur 17 tahun, berkendara melebihi batas kecepatan dan pengendara yang mengonsumsi alkohol saat berkendara.

“Untuk jumlah personel kepolisian yang dilibatkan dalam operasi ini sebanyak 296 orang,” tuturnya.

Dia menambahkan, pada semester I tahun ini ada lima polres yang paling banyak terjadi kecelakaan lalu lintas, baik secara kualitas maupun kuantitas yakni Polres Palu, Donggala, Parigi Moutong, Banggai, dan Morowali.

Untuk itu dia mengimbau kepada seluruh pengendara sepeda motor dan mobil agar melengkapi SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraannya.

“Selain itu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di jalan dan yang terpenting juga adalah tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yakni mengggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” pungkas orang pertama di Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng itu. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 312 times, 1 visits today)

News Feed