oleh

Megawati Teken Prasasti Berdirinya Patung Soekarno di Taman GOR Palu

PRESIDEN ke 5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri secara virtual menandatangani prasasti berdirinya patung Soekarno yang diberi nama Monumen Mutiara Bangsa di Taman GOR Palu, Rabu (22/7/2020). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Presiden ke 5 Republik Indonesia (RI), Megawati Soekarnoputri menandatangani prasasti berdirinya patung Soekarno yang diberi nama Monumen Mutiara Bangsa di Taman GOR Palu, Rabu (22/7/2020).

Penandatanganan prasasti itu dilakukan Megawati secara virtual dari Jakarta bersamaan dengan peresmian puluhan kantor PDIP di sejumlah daerah.

Megawati Soekarnoputri mengatakan, kehadiran Soekarno di Kota Palu merupakan salah satu bukti sejarah dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ide dan gagasan beliau tentang Indonesia telah tertuang dalam Pancasila,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Megawati mengenang dedikasi Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno terhadap bangsa dan kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia.

Megawati menceritakan, pada 2 Oktober 1957 silam, Bung Karno pernah berkunjung ke Kota Palu dalam urusan perjuangan rakyat semesta.

Dalam kunjungannya itu, Proklamator RI terkesan dengan Kota Palu sebagai salah satu mutiara di khatulistiwa Indonesia.

“Bung Karno pernah berkata bahwa Kota Palu bagaikan mutiara,” katanya.

Terkait kehadiran Bung Karno itu, menunjukkan bahwa dedikasi dan pengabdian kepada rakyat Indonesia adalah suatu perjalanan tiada akhir menggapai cita-cita bangsa, termasuk falsafah Pancasila yang digali dari bumi Indonesia.

Sementara itu, Wali Kota Palu, Hidayat menyampaikan berdirinya patung Bung Karno menjadi pengingat bahwa Presiden RI pertama pernah berkunjung dan berpidato di Taman GOR Palu.

“Dulu Bung Karno pernah berpidato di Lapangan GOR, sekarang menjadi Taman GOR,” ucapnya.

Selanjutnya, Hidayat mengajak Megawati Soekarnoputri untuk turut hadir dalam pembukaan tirai berdirinya patung Bung Karno pada 17 Agustus 2020 mendatang. MAD

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 96 times, 1 visits today)

News Feed