oleh

Ombudsman Minta Bawaslu Tolitoli Profesional Tangani Pelanggaran Pilkada

KETUA Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah, Sofyan Farid Lembah (kedua dari kiri) saat menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pilkada yang dilaksanakan Bawaslu Tolitoli, Selasa (21/7/2020). FOTO: BAWASLU TOLITOLI

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng), Sofyan Farid Lembah meminta pihak Bawaslu Kabupaten Tolitoli untuk profesional dalam penanganan dugaan tindak pidana pilkada serentak 2020.

Sofyan Farid menilai sudah saatnya Bawaslu mengembangkan keterampilan investigasi bagi tenaga pengawas, baik di kecamatan maupun di desa.

“Pilkada di masa pandemi selain rawan berkembangnya penularan Covid-19, juga ekonomi masyarakat yang terus menurun dan terjadinya praktik menyimpang penyaluran bansos hingga ancaman berkurangnya minat masyarakat atas partisipasi gunakan hak pilihnya menjadi tantangan terselenggaranya pilkada yang berkualitas dan bermartabat,” katanya di hadapan Anggota Bawaslu dan Panwascam se Kabupaten Tolitoli, Selasa.

Bawaslu kata dia, perlu melakukan banyak kebijakan dalam meningkatkan kapasitas anggotanya dalam hal pelatihan keterampilan investigasi.

Selain itu juga mengefektifkan peran pengawasan partisipatif dan kinerja di Gakkumdu lewat rapat koordinasi dan supervisi penanganan pengaduan hingga ke jenjang struktur pengawasan di desa dan kelurahan.

“Pengawasan yang efektif terhadap jalannya pilkada yang jujur, adil dan bermartabat dapat membuahkan hasil lahirnya penguasa berdedikasi pada pengembangan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, sudah saatnya masyarakat mendapatkan seorang figur jujur yang lahir dari pilkada berkualitas. Oleh karena itu kata Farid, aspek pencegahan dan penanganan dugaan tindak pidana pilkada menjadi tanggung jawab Bawaslu. MRZ

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 163 times, 1 visits today)

News Feed