oleh

Denda Tilang Masker Belum Diberlakukan di Tolitoli

RAPAT evaluasi Tim Gugus Covid-19 Tolitoli, Senin (21/7/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Juru Bicara Satgas Covid-19 Tolitoli, Arham menepis isu yang beredar di masyarakat bahwa daerahnya akan memberlakukan denda tilang kepada pelanggar protokol kesehatan sebesar Rp 150 ribu, khususnya bagi yang tidak menggunakan masker.

“Adanya instruksi presiden dan instruksi Gubernur DKI Jakarta yang berisi tentang rencana diadakan penilangan bagi yang tidak bermasker di muka umum yang beredar di media sosial, menurut saya belum bisa diberlakukan di Kabupaten Tolitoli karena dasar hukumya belum ada,” kata Arham kepada jurnalis, Selasa (21/7/2020).

Pihaknya masih menunggu instruksi presiden (inpres) yang menurut kabar akan dikeluarkan pada 27 Juli 2020.

Menuutnya, bila Inpres itu sudah dikeluarkan tentunya secara hierarki akan ditindaklanjuti dengan diterbitkannya instruksi atau peraturan Gubernur Sulawesi Tengah.

“Jika regulasi dari provinsi sudah ada, kita di Kabupaten Tolitoli harus melakukan pengaturan teknis pelaksanaannya yang juga ditetapkan dengan regulasi sebagai payung hukumnya,” katanya.

Arham mengakui, pada Senin (20/7/2020) Tim Gugus Covid-19 Tolitoli telah melaksanakan rapat evaluasi untuk membahas langkah-langkah konkrit yang akan ditempuh dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat, disiplin menggunakan masker saat berada di luar rumah serta selalu jaga jarak bila berada di tempat-tempat orang biasanya berkumpul lebih dari dua orang.

Rapat evaluasi dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten Tolitoli, Mukaddis Syamsuddin selaku Ketua Pengarah Gugus Tugas didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, Nuralam yang juga Ketua Harian Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Tolitoli.

Rapat itu dihadiri Kepala Staf Kodim 1305/Buol Tolitoli Mayor (Inf) Iko Power, Wakapolres Kompol Abdul Haris Saleh, Komandan Detasemen Polisi Militer Angkatan Laut Tolitoli Kapten Laut (PM) Lulus Pramono, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Abdul Salam Pais.

Selain itu hadir pula Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Samsuh, Kepala Dinas Perhubungan Heri O Mendur, Direktur RSUD Mokopido dr Danial, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Anjasmara, Kepala Bagian Hukum Setdakab Mulyadi Dg Silasa, Sekretaris BPBD Vidya Putra.

“Upaya yang dilakukan adalah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan, utamanya disiplin dalam menggunakan masker saat berada di luar rumah,” tuturnya. MRZ

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 57 times, 1 visits today)

News Feed