oleh

Jelang Pilkada Serentak, KPU Sulteng Mulai Coklit Data Pemilih

Tanwir Lamaming

SultengTerkini.Com, PALU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih menjelang pilkada serentak 9 Desember 2020.

Data tersebut nantinya digunakan sebagai basis data Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pilkada serentak nanti.

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming mengatakan, jadwal pelaksanaan tahapan coklit data pemilih untuk pilkada tahun 2020 dimulai pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang.

“Pelaksanaan coklit itu dimulai tanggal 15 tapi ada juga yang melaksanakan pada tanggal 18 bulan ini. Coklit itu sampai 13 Agustus,” kata Tanwir Lamaming saat ditemui jurnalis SultengTerkini.Com di ruang kerjanya, Kamis (16/7/2020).

Dia menjelaskan, KPU akan melakukan Gerakan Coklit Serentak (GCS) secara serentak di seluruh Indonesia pada 18 Juli 2020.

GCS tersebut merupakan gerakan untuk melakukan pencocokan dan penelitian secara bersama-sama.

“Sebahagian sudah ada yang melaksanakan coklit pada tanggal 15. Cuma secara seremonial itu dilaksanakan pada tanggal 18. InsyaAllah kami akan turun ke kabupaten/kota untuk melakukan coklit serentak,” jelasnya.

Menurutnya, GCS selain untuk monitoring proses pelaksanaan coklit, juga pengecekan terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19 oleh PPDP yang akan melaksanakan tugas penyelenggaran dilapangan.

“Kegiatan coklit serentak ini minimal lima rumah yang akan dicoklit oleh PPDP yang didampingi oleh komisioner. Karena saya KTP Morowali Utara jadi saya akan melakukan coklit serentak dengan teman-teman KPU Morowali Utara,” ujarnya.

Dia menuturkan, PPDP yang bekerja di tengah pandemi Covid-19 wajib menjaga kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga.

Selain itu juga menjaga kesehatan pemilih yang didatangi untuk melakukan coklit dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“PPDP dalam melaksanakan tugas coklit wajib mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya. NUR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 29 times, 1 visits today)

News Feed