oleh

Pilkada Serentak Tanpa Covid-19, KPU Tolitoli Rapid Test Seluruh Penyelenggara

PELAKSANAAN rapid test massal di kantor KPU Tolitoli, Jumat (10/7/2020). FOTO: MARZUKI/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Untuk menyukseskan pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang tanpa Covid-19, pihak KPU Tolitoli di Sulawesi Tengah menggelar rapid test massal kepada seluruh penyelenggara, baik panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), sekretariat PPS maupun petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di wilayahnya.

Komisioner KPU Tolitoli Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Alisman mengatakan, rapid test yang dilaksanakan di seluruh kecamatan wilayah kerjanya itu untuk memenuhi salah satu syarat pelaksanaan pilkada 2020, yaitu mengikuti protokol kesehatan.

Dimana kata dia, seluruh penyelenggara bebas dari Covid-19, sehingga keselamatan masyarakat juga terjamin.

“Ini sesuai perintah KPU pusat, seluruh penyelenggara harus bebas Covid-19, jika ada pihak KPU, PPK, PPS hasil rapid testnya reaktif, maka tidak akan diperkenankan melaksanakan tugas kepemiluan hingga batas yang ditentukan,” jelas Alisman.

Terutama kata Alisman, yang benar-benar sehat adalah Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang akan bertugas pendataan pemilih dari rumah ke rumah warga.

“Kalau PPDP hasil rapidnya reaktif, maka akan diberhentikan dan dilakukan pergantian anggota baru,” katanya.

Rapid test itu dilaksanakan selama tiga hari mulai 9 hingga 11 Juli 2020.

Rapid test ini juga kata Alisman, bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pilkada tahun ini di tengah pandemi Covid-19, bahwa seluruh pemyelenggara bebas dari Virus Corona. MRZ

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 51 times, 1 visits today)

News Feed