oleh

KPU Tolitoli Ingatkan PPK dan PPS Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

KOMISIONER KPU Tolitoli Divisi Humas dan Pengawasan, Irwan Baco didampingi Ketua PPK Baolan Sangsar dan Sekretaris PPK Baolan saat Bimbingan Teknis di Kecamatan Baolan, Senin (6/7/2020). FOTO: MARZUKI/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com,  TOLITOLI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tolitoli menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tentang Cara Pemuktahiran, Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020 mendatang.

Bimtek yang dilaksanakan secara terpisah di masing-masing kecamatan itu diikuti PKK dan seluruh PPS di wilayahnya serta dihadiri Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Sebelum membawakan materi, Komisioner KPU Tolitoli Divisi Humas dan Pengawasan, Irwan Baco lebih awal mengingatkan kepada seluruh PPK dan PPS agar selalu mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Sebab kata Irwan, pilkada serentak dilaksanakan di masa pandemi dengan ketentuan mengikuti standar kesehatan.

“Paling tidak jaga jarak dan menggunakan masker,” katanya.

Usai memberikan arahan, Irwan juga menjelaskan tata cara pemuktahiran, pencocokan dan penelitian data pemilih yang akan dilakukan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

“PPDP merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. PPDP mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab,” jelas Irwan.

Olehnya itu, kata dia, dalam bimtek tersebut diminta untuk PPK dan PPS memahami tata cara pemuktahiran data pemilih agar selanjutnya akan lebih mudah memberikan bimtek kepada PPDP.

“PPDP harus bekerja tepat, terutama dalam pencocokan data pemilih, maka wajib PPS selalu monitoring kepada PPDP,” tuturnya.

Dia berharap pilkada serentak 9 Desember dapat terlaksana dengan baik, jujur, adil dan damai. MRZ

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 41 times, 1 visits today)

News Feed